digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Achmad Mawardi Nur El Fayed
Terbatas Open In Flip Book Irwan Sofiyan
» ITB

COVER Achmad Mawardi Nur El Fayed
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Achmad Mawardi Nur El Fayed
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Achmad Mawardi Nur El Fayed
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Achmad Mawardi Nur El Fayed
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Achmad Mawardi Nur El Fayed
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Achmad Mawardi Nur El Fayed
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Achmad Mawardi Nur El Fayed
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Achmad Mawardi Nur El Fayed
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Achmad Mawardi Nur El Fayed
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Seiring berkembangnya perdagangan global, negara di dunia berlomba-lomba untuk mendapatkan keuntungan terbesar dengan membangun infrastruktur darat dan laut. Salah satunya adalah Thailand yang berencana membangun Terusan Kra agar kapal laut yang berlayar dari Samudera Hindia dapat langsung ke Teluk Thailand, begitupun sebaliknya. Rencana ini tentu dapat mengancam pelabuhan peti kemas internasional Malaysia dan Singapura karena akan memotong jalur pelayaran Selat Malaka. Namun, rencana tersebut dapat dimanfaatkan oleh Indonesia dengan menyiapkan pelabuhan pengganti Malaysia dan Singapura. Salah satu pelabuhan yang berpotensi untuk dipersiapkan adalah Pelabuhan Peti Kemas Krueng Geukueh di Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Pelabuhan ini berlokasi di daerah Kawasan Ekonomi Khusus yang terletak di dekat pintu masuk Terusan Kra dan langsung berhadapan dengan laut dalam di Selat Malaka. Pada pengerjaan tugas akhir ini, akan dilakukan analisis kebutuhan dan analisis layout pengembangan Pelabuhan Peti Kemas Internasional Krueng Geukueh, yang mana dilakukan atas dasar aspek kebutuhan infrastruktur dan superstruktur pelabuhan, keamanan pelayaran dan kegiatan bongkar muat kapal, dan biaya pembangunan. Aspek infrastruktur dan superstruktur akan menghasilkan layout awal fasilitas darat dan laut pelabuhan. Selanjutnya aspek keamanan kegiatan bongkar muat akan ditinjau dari kondisi hidrodinamika, yaitu gelombang dan arus yang dimodelkan menggunakan perangkat lunak Delft3D.