PT. Cipta Krida Bahari (CKB) adalah sebuah perusahaan logistik nasional yang
merupakan anggota dari PT. Trakindo Group yang berkantor pusat di Jakarta. Salah
satu layanan unggulan yang dimiliki CKB adalah servis warehouse management.
Pada awal terbentuknya perusahaan ini, CKB hanya berfokus pada pelanggan yang
bergerak pada bidang energi (batu bara, perminyakan & gas alam, dan lubricant),
alat berat, dan konstruksi. Seiring berjalannya waktu, industri e-commerce di
Indonesia berkembang dengan sangat pesat. CKB melihat pertumbuhan industri ecommerce
ini merupakan sebuah peluang yang baik untuk diambil. Pada tahun 2018
terdapat 7 permintaan penggunaan layanan warehouse management oleh industri ecommerce.
Akan tetapi dari ketujuh permintaan tersebut, tidak satu pun berhasil
didapatkan oleh CKB. Kegagalan ini berdampak pada hilangnya potensi
pendapatan sebesar Rp17.026.000.000 untuk CKB. Hal ini terjadi karena CKB
tidak mengetahui preferensi industri e-commerce. Untuk itu, penelitian ini
dilakukan untuk memetakan bagaimana preferensi segmen e-commerce dalam
menggunakan layanan warehouse management.
Untuk mencari tahu preferensi dari segmen e-commerce, peneliti menggunakan
analisis konjoin. Analisis konjoin digunakan untuk mendapatkan fungsi utilitas
yang menunjukkan preferensi segmen e-commerce dalam menggunakan layanan
warehouse management. Output dari analisis konjoin akan dijadikan sebagai paket
layanan yang dapat ditawarkan untuk industri e-commerce serta digunakan sebagai
dasar pembentukan strategi pemasaran layanan. Dengan adanya usulan paket
layanan dan strategi pemasaran ini diharapkan dapat meningkatkan kecepatan
waktu pengerjaan pengadaan layanan dan meningkatkan ketepatan CKB dalam
membaca preferensi industri e-commerce. Pada akhir penelitian, peneliti membuat
simulasi perhitungan proyek menggunakan usulan paket layanan yang dibentuk,
hasilnya adalah proyek yang dilakukan memiliki nilai NPV sebesar
Rp3.584.415.167 dan IRR sebesar 7,7%.