COVER Iftitakhul Zakiah
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB 1 Iftitakhul Zakiah
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB 2 Iftitakhul Zakiah
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB 3 Iftitakhul Zakiah
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB 4 Iftitakhul Zakiah
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB 5 Iftitakhul Zakiah
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB 6 Iftitakhul Zakiah
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
PUSTAKA Iftitakhul Zakiah
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
Dalam kegiatan belajar mengajar, pengetahuan yang disampaikan oleh para pengajar tidak hanya
dari referensi atau slide presentasi tetapi juga pengalaman atau pengetahuan lainnya. Di sisi lain,
sistem pengenal ucapan atau automatic speech recognition (ASR) semakin berkembang dan mulai
banyak diimplementasikan, termasuk dalam domain perkuliahan. ASR yang dibangun dari awal
membutuhkan data yang sangat besar, baik berupa data rekaman suara ataupun data teks. Oleh
sebab itu dapat menggunakan pendekatan lain yaitu pembelajaran transfer, merupakan pendekatan
untuk membangun model dengan memanfaatkan model yang sudah ada sebagai model sumber.
Tugas akhir ini diawali dengan tahap pengumpulan data domain perkuliahan Teknik Informatika
ITB. Eksperimen ASR menggunakan model bahasa spontan pada domain berita sebagai model
sumber. Secara umum pengerjaan tugas akhir dibagi menjadi tiga sistem, yaitu sistem yang
menggunakan domain berita (baseline), domain perkuliahan (baseline), dan keduanya
(pembelajaran transfer). Pada ketiga sistem, model akustik yang digunakan adalah triphone GMMHMM dan juga MAP yang hanya pada sistem C. Model bahasa ketiga sistem menggunakan ngram serta LSTM dengan lapis proyeksi. Pembelajaran transfer pada model bahasa dengan
interpolasi N-gram serta transfer model LSTMP. Sistem domain berita memberikan hasil WER
78.30% (5-fold) dan 85.18% (10sp), sistem domain perkuliahan 58.232% (5-fold) dan 62.18%
(10sp), serta sistem pembelajaran transfer 52.734% (5-fold) dan 67.0 (10sp). Semakin kecil nilai
WER, maka semakin baik model yang dibangun, sehingga ASR terbaik untuk perkuliahan adalah
dengan pendekatan pembelajaran transfer pada model bahasa dan triphone biasa pada model
akustik.