digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
PUBLIC Open In Flipbook karya

Abstract
PUBLIC Open In Flipbook karya

Perkembangan internet saat ini semakin memudahkan interaksi antara pembeli dan penjual. Tidak terkecuali dibidang industri perhotelan. Saat ini banyak wisatawan memilih untuk memesan hotel melalui internet. Salah satu web penyedia layanan pemesanan hotel adalah tripadvisor. Didalam tripadvisor pengguna hotel dapat menuliskan review berdasarkan pengalamannya menginap dihotel tersebut. Wisatawan lain yang ingin menginap dihotel tersebut dapat melakukan pertimbangan berdasarkan review tersebut. Jika review yang dituliskan sedikit tentu tidak akan masalah jika dibaca satu persatu, tetapi jika review yang ditulis jumlahnya banyak tentu akan merepotkan jika harus membaca satu persatu. Untuk mengetahui diminati atau tidaknya suatu hotel digunakan perhitungan tingkat penghunian kamar(tpk). Dimana penyebab naik turunnya tpk diketahui masih berasal dari faktor eksternal seperti musim liburan dan bencana alam. Untuk mengetahui penyebab naik turunnya tpk berdasarkan faktor internal, maka perlu dilakukan identifikasi mengenai faktor internal yang mempengaruhi lalu dilakukan analisis korelasi dengan tpk. Metode yang digunakan untuk mengetahui faktor internal hotel menggunakan sentimen analisis pada level aspek. Aspek yang di identifikasi adalah aspek fasilitas, aspek layanan dan aspek makanan.Sedangkan metode untuk prediksi menggunakan ANN. Hasil sentimen pada level aspek lalu dilakukan analisis korelasi menggunakan korelasi pearson untuk mengetahui seberapa kuat hubungan tersebut. Hasil analisis sentimen level aspek didapatkan nilai polaritas sentimen positif yang paling tinggi ada pada aspek layanan dengan nilai 59.13 sedangkan nilai polaritas sentimen negatif yang paling tinggi ada pada aspek fasilitas dengan nilai 7.33. Sedangkan nilai error minimun yang paling rendah dari hasil prediksi sebesar 0.00093.