digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800



BAB 1 Gilang Farhan Ramadhan Mulyadi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Gilang Farhan Ramadhan Mulyadi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Gilang Farhan Ramadhan Mulyadi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Gilang Farhan Ramadhan Mulyadi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan



Transportasi saat ini menjadi bagian penting bagi kehidupan manusia. Hal penting diantaranya adalah keselamatan berkaitan dengan pelindungan penumpang dari kemungkinan cidera atau meninggal dunia yang diakibatkan oleh kece- lakaan. Crash box merupakan komponen kendaraan bermotor yang berfungsi menyerap energi saat terjadi kecelakaan. Struktur berdinding tipis digunakan sebagai konsep penyerap energi dengan kelebihan massa yang ringan. Ke- mampuan crash box dipengaruhi oleh geometri dan material yang digunakan. Bentuk seperti kotak, lingkaran, multisudut dan multi sel merupakan bentuk geometri crash box. Logam dan komposit merupakan material yang biasa di- gunakan pada crash box. Diantara faktor lain yang berpengaruh perbedaan metode manufaktur. Penelitian ini berfokus kepada fenomena kelaikan tabrak crash box multisel dengan metode manufaktur ekstrusi. Ekstrusi merupakan metode yang dapat digunakan untuk memanufaktur crash box multi sel tanpa adanya sambungan. Tugas akhir ini memodelkan proses ekstrusi crash box dengan metode numerik. Kemudian, hasil ekstrusi dilakukan simulasi impak dengan kecepatan rendah. Geometri crash box divariasikan bentuk penampang multiselnya. Perbandingan dilakukan antara hasil efek manufaktur dan tanpa efek manufaktur secara numerik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh efek manufaktur ekstrusi terhadap performa crash box bedasarkan hasil simulasi manufaktur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh dari hasil manufaktur ekstrusi dengan tanpa pengaruh manufaktur ekstrusi. Dengan pemberian hasil manufaktur, kekuatan crash box terhadap beban im- pak dapat meningkat.