digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Nadya Christie
Terbatas  Dwi Ary Fuziastuti
» Gedung UPT Perpustakaan

Faktor yang berkontribusi terhadap terjadinya kecelakaan kereta api adalah kelelahan, kantuk, serta kondisi fisik masinis. Walaupun pengaruh dari kekurangan kuantitas tidur terhadap kantuk dan kelelahan sudah jelas, namun besar pengaruhnya menjadi isu yang menarik untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengkuantifikasi seberapa besar pengaruh kekurangan kuantitas tidur dan kelelahan terhadap performansi masinis dalam mengemudikan simulator kereta api dengan rute dinamis selama 4 jam. Pemodelan Persamaan Struktural / Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk mengkuantifikasi seberapa besar pengaruh kekurangan durasi tidur dan kelelahan terhadap performa masinis. Diperoleh hasil bahwa durasi tidur, pengukuran kantuk dan kelelahan secara subjektif, objektif, serta kondisi fisik masinis memengaruhi performa masinis secara berturut-turut sebesar 0,739, -0,740, 1,136, dan 1,157. Keempat faktor tersebut mampu menjelaskan performa masinis sebesar 88,9%.