digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Yustinus Kus Wardana
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Yustinus Kus Wardana
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 2 Yustinus Kus Wardana
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 3 Yustinus Kus Wardana
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 4 Yustinus Kus Wardana
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 4 Yustinus Kus Wardana
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 4 Yustinus Kus Wardana
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 5 Yustinus Kus Wardana
PUBLIC Alice Diniarti

PUSTAKA Yustinus Kus Wardana
PUBLIC Alice Diniarti

Pada pesawat tempur modern, persyaratan misi operasi pada umumnya menghasilkan konfigurasi pesawat dengan kestabilan yang marginal. Dalam hal ini diperlukan sistem kendali terbang yang secara aktif membantu pilot dalam mengendalikan pesawat secara terus menerus. Penelitian ini berisi pemodelan dinamika terbang suatu pesawat tempur hipotesis dari data-data geometri, inersia, aerodinamika, sistem propulsi dan sistem kendali terbang. Pendekatan linier dipergunakan untuk menyederhanakan model ke dalam rangkaian persamaan gerak linier pada seluruh daerah operasi penerbangan. Analisis kestabilan dan keterkendalian pesawat dilakukan dengan menggunakan kriteria kualitas terbang yang lazim digunakan pada pesawat tempur. Hasil pemodelan kemudian dipergunakan untuk melakukan kajian implementasi teknik kendali modern dalam perancangan sistem kendali pesawat tempur. Perbandingan beberapa teknik kendali dilakukan untuk melihat kelebihan dan kekurangan metode dalam perancangan aturan kendali tipikal. Evaluasi kinerja sistem kendali dievalusi menggunakan simulasi pada perangkat lunak untuk beberapa manuver tipikal pesawat tempur. Tinjauan pengaruh faktor ketidaklinieran akibat batasan perangkat keras sistem kendali serta keberadaan gangguan luar ditinjau. Hasil yang diinginkan dari penelitian adalah untuk memperoleh arsitektur sistem kendali longitudinal untuk memperbaiki kualitas terbang pesawat FXX pada seluruh daerah operasi terbang.