Mobile learning adalah suatu pendekatan pembelajaran yang melibatkan perangkat bergerak seperti telepon genggam dan tablet PC, dimana pembelajar dapat mengakses materi, arahan dan aplikasi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Aplikasi mobile learning berbasis e-book interaktif ini dibuat dengan tujuan sebagai media pembelajaran struktur dan fungsi biomolekul dengan fokus tahap pengembangan awal pada materi struktur dan fungsi asam amino dan protein. Tahapan yang dilakukan dalam pembuatan aplikasi ini meliputi penyusunan materi, desain visualisasi materi, pengkodean, implementasi dan uji coba serta pemeliharaan. Tahap pengkodean dilakukan dengan bahasa pemrograman Java dan Android. Konten aplikasi teridiri dari materi, tutorial, kuis dan petunjuk praktikum. Selain itu, aplikasi dilengkapi dengan halaman masuk bersandi, sehingga diperlukan tahap registrasi untuk pengguna untuk mendapatkan kode sandi agar dapat mengakses aplikasi, membaca materi, membaca prinsip dan prosedur dari praktikum yang berkaitan dengan materi, mengerjakan latihan-latihan, dan membaca info mengenai aplikasi. Konten materi disajikan dalam bentuk teks, gambar, slide dan video animasi. Pada tahap uji coba aplikasi, evaluasi dilakukan dengan menyebar kuesioner pada 34 responden. Tanggapan dari responden terhadap pertanyaan “Apakah isi aplikasi sesuai dengan kebutuhan, bermanfaat, lengkap dan terbaru?” mendapatkan 41,91% responden menjawab sangat setuju,
52,21% responden menjawab setuju dan 5,88% responden menjawab kurang setuju. Pertanyaan quisioner berikutnya tentang “Apakah aplikasi menarik, mudah digunakan, stabil dan lancar serta tanggapan sistem cepat?” mendapatkan 16,91% responden sangat setuju, 74,26% responden menjawab setuju, dan 8,82% responden menjawab kurang setuju. Pertanyaan terakhir tentang “Apakah aplikasi mempermudah dalam mencari materi dan menambah motivasi belajar, latihan- latihan mudah dipahami dan memberikan hasil dengan cepat, mendapatkan 23,53% responden menjawab sangat setuju, 67,65% responden menjawab setuju dan 8,82% responden menjawab kurang setuju. Instrumen kuesioner bersifat valid dan reliabel dengan uji r untuk rhitung ? rtabel. Skor rata-rata pertanyaan kuesioner untuk 12 butir pertanyaan dan 34 responden yaitu 3,196 dengan kategori sangat tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat digunakan sebagai media pembelajaran struktur dan fungsi biomolekul dengan fokus materi asam amino dan protein