digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Fiannita Arumsari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Fiannita Arumsari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Fiannita Arumsari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Fiannita Arumsari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Fiannita Arumsari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Fiannita Arumsari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Industri kecantikan adalah industri multifaset dengan pergerakan yang cepat. Industri produk kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia sangat menonjol dalam enam tahun terakhir dan menjadi pendorong untuk pertumbuhan ekonomi yang lambat. Pergerakan ini diperkirakan akan mengalami pertumbuhan substansial pada tahun 2020 bila dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara dengan pasar senilai USD6,7 Miliar. Dengan meningkatnya jumlah Middle-Class and Affluent Consumers (MAC) dan pertumbuhan Muslim usia muda, tren kecantikan halal menjadi semakin umum. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan perspektif mendalam tentang segmentasi Generasi M (Muslim milenial) yang terkait dengan sikap dan pandangan terhadap kecantikan dan rejimennya, faktor-faktor yang mendorong kebutuhan terhadap produk kecantikan Muslimah, tinjauan industri serta analisa kompetitif, serta pentingnya Marina sebagai merek kecantikan lokal untuk mengelola pasar potensial ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori yang didasarkan pada segmentasi popoulasi umum dan penyelidikan fenomenologis, berdasarkan hasil studi internal Marina tentang konsumen dan merek yang tidak dipublikasikan, serta manuskrip yang diterbitkan berupa buku, jurnal, dan artikel tentang Generasi M. Data didapatkan dari survei kuantitatif dan kualitatif di web yang dibuat oleh penulis, wawancara mini, serta observasi dan pengalaman pribadi. Dari hasil penelitian ini, 69% dari Generasi M adalah penggemar kecantikan yang suka mengeksplorasi dan bersedia menyediakan dana untuk produk kecantikan sebagai bagian dari aktualisasi diri dan kepuasan untuk memenuhi rasa ingin tahu. Meskipun kebutuhan akan produk kecantikan Muslimah masih laten, hal ini menunjukkan potensi untuk membuktikan keunggulan kompetitif dalam proses diferensiasi merek. Dengan meningkatnya perhatian tentang halal, tren produk kecantikan Muslim, dan Generasi M sebagai pasar potensial yang besar, perluasan lini produk untuk pengguna hijab adalah salah satu strategi untuk terus tumbuh dalam industri kecantikan yang ramai dengan persaingan ketat ini. Selain itu, saat ini, hanya ada beberapa merek besar yang sudah bermain dalam kategori kecantikan ini. Solusi kunci untuk strategi pemasaran masa depan Marina untuk memasuki pasar Generasi M adalah dengan meluncurkan produk “clean beauty” untuk pengguna hijab dengan dasar kebaikan untuk semua makhluk. Untuk menguji dan menganalisis pasar, dimulai dari pengembangan kategori produk dasar dengan usership yang tinggi, seperti kategori wewangian, sebelum berekspansi ke kategori produk kecantikan lainnya. Kinerja produk harus didukung dengan pemasaran konten online yang konsisten sehingga mendorong niat pembelian serta menjadikan brand dan produk sebagai top of mind.