2019_TA_PP_MONICA_SRY_BINA_BR_GINTING_1-ASTRAK.pdf
Terbatas  Taupik Abidin
» SBM
Terbatas  Taupik Abidin
» SBM
Penelitian ini meneliti secara lebih mendalam tentang Employer Branding dengan menggunakan
pendekatan 4E (employee engagement, employee empowerment, employee education, employee
equity). Penelitian ini dilakukan di salah satu BUMN di Indonesia yaitu PT Telkom Indonesia, Tbk.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan korelasi antara 4E’s Model dengan Employer
Branding serta untuk mengevaluasi hal-hal yang berkaitan dengan employer branding PT Telkom
Indonesia, Tbk. Objek evaluasi dilakukan dalam bentuk penyebaran kuesioner kepada 134 responden
mahasiswa Manajemen-SBM ITB angkatan 2018 yang dipandang sebagai penilai dari sisi eksternal
(pihak pencari kerja). Proses evaluasi dilakukan dengan memberikan beberapa pernyataan
menggunakan pendekatan 4E (employee engagement, employee empowerment, employee education,
employee equity). Dalam analisis data, terdapat dua pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini,
yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Berdasarkan analisis kuantitatif dapat disimpulkan
bahwa variabel 4E Model (employee engagement, employee empowerment, employee education,
employee equity) memiliki hubungan yang positif terhadap/serta mempengaruhi Employer Branding.
Adapun hasilnya adalah sebagai berikut; employee engagement mempengaruhi employer branding
sebesar 0,567; employee empowerment mempengaruhi employer branding sebesar 0,497; employee
education mempengaruhi employer branding sebesar 0,484; employee equity mempengaruhi employer
branding sebesar 0,604. Seluruh hipotesis diterima (p=0,000 < 0,005). Sementara analisis kualitatif
digunakan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu untuk dievaluasi khususnya terkait dengan
employer branding, proses evaluasi dilakukan dengan cara menganalisis jawaban yang kurang
memuaskan (digambarkan dengan skala 1-3) oleh responden terhadap kuesioner yang telah
didistribusikan. Dari analisis kualitatif tersebut, selanjutnya akan diberikan rekomendasi kepada PT
Telkom Indonesia, Tbk sehingga diharapkan penelitian ini dapat memberikan saran untuk
meningkatkan employer branding salah satu jenis perusahaan BUMN tersebut.