digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2019_TA_PP_MONICA_SRY_BINA_BR_GINTING_1-ASTRAK.pdf
Terbatas  Taupik Abidin
» SBM

CHAPTER 1.pdf)u
PUBLIC Taupik Abidin

CHAPTER 2.pdf ]
PUBLIC Taupik Abidin

CHAPTER 3.pdf)u
PUBLIC Taupik Abidin

CHAPTER 4.pdf)u
PUBLIC Taupik Abidin

CHAPTER 5.pdf ]
PUBLIC Taupik Abidin

References.pdf)u
PUBLIC Taupik Abidin

Penelitian ini meneliti secara lebih mendalam tentang Employer Branding dengan menggunakan pendekatan 4E (employee engagement, employee empowerment, employee education, employee equity). Penelitian ini dilakukan di salah satu BUMN di Indonesia yaitu PT Telkom Indonesia, Tbk. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan korelasi antara 4E’s Model dengan Employer Branding serta untuk mengevaluasi hal-hal yang berkaitan dengan employer branding PT Telkom Indonesia, Tbk. Objek evaluasi dilakukan dalam bentuk penyebaran kuesioner kepada 134 responden mahasiswa Manajemen-SBM ITB angkatan 2018 yang dipandang sebagai penilai dari sisi eksternal (pihak pencari kerja). Proses evaluasi dilakukan dengan memberikan beberapa pernyataan menggunakan pendekatan 4E (employee engagement, employee empowerment, employee education, employee equity). Dalam analisis data, terdapat dua pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Berdasarkan analisis kuantitatif dapat disimpulkan bahwa variabel 4E Model (employee engagement, employee empowerment, employee education, employee equity) memiliki hubungan yang positif terhadap/serta mempengaruhi Employer Branding. Adapun hasilnya adalah sebagai berikut; employee engagement mempengaruhi employer branding sebesar 0,567; employee empowerment mempengaruhi employer branding sebesar 0,497; employee education mempengaruhi employer branding sebesar 0,484; employee equity mempengaruhi employer branding sebesar 0,604. Seluruh hipotesis diterima (p=0,000 < 0,005). Sementara analisis kualitatif digunakan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu untuk dievaluasi khususnya terkait dengan employer branding, proses evaluasi dilakukan dengan cara menganalisis jawaban yang kurang memuaskan (digambarkan dengan skala 1-3) oleh responden terhadap kuesioner yang telah didistribusikan. Dari analisis kualitatif tersebut, selanjutnya akan diberikan rekomendasi kepada PT Telkom Indonesia, Tbk sehingga diharapkan penelitian ini dapat memberikan saran untuk meningkatkan employer branding salah satu jenis perusahaan BUMN tersebut.