2019_TA_PP_MUHAMMAD_WAFI_RAZANAUFAL_1-ABSTRAK.pdf
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM
2019 SK PP Muhammad Wafi Razanaufal [19015230] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flipbook Taupik Abidin
Telkom adalah perusahaan milik negara yang menyediakan layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Seperti perusahaan milik negara lainnya, Telkom memiliki universitas korporat, yaitu Telkom Corporate University (TCU). Program pelatihan yang akan dibahas adalah Great People Managerial Program (GPMP). Masalah dimulai dari TCU telah menghabiskan banyak dana pelatihan kepemimpinan. Namun hingga saat ini belum ada evaluasi komprehensif mengenai peningkatan perilaku individu. Sampai saat ini evaluasi yang telah dilakukan oleh departemen Leadership Academy hanya untuk menilai dampak pembelajaran berdasarkan hasil dari tes-awal dan tes akhir. Namun, mereka belum melakukan evaluasi lebih lanjut, mengenai kinerja peserta setelah mengikuti pelatihan. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Metode kualitatif adalah metode penyelidikan studi dimana data diperoleh dari hasil interaksi langsung antara peneliti dan peserta GPMP 4 2018. Peneliti menggunakan 2 metode pengumpulan data yaitu wawancara dan juga kuesioner. Peneliti melakukan wawancara semi-terstruktur dengan para peserta kemudian langkah selajutnya adalah evaluasi 360 derajat yang berupa daftar pertanyaan yang disebarkan kepada para atasan, rekan kerja, dan juga bawahan dari peserta yang dievaluasi oleh peneliti. Penelitian ini tidak menggunakan metode campuran, dikarenakan hasil dari kuesioner hanya sebagai bukti pendukung dari hasil wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, yang berkaitan dengan desain evaluasi pelatihan Kirkpatrick dan juga Key behavior oleh Leadership Academy sebagai alat penilaian setiap hari dari modul yang diberikan oleh instruktur kepada peserta pelatihan. Dari seluruh peserta yang diwawancarai menjawab bahwa ada hal-hal yang diperoleh dari program pelatihan GPMP seperti peserta memiliki perubahan dalam kepemimpinan, peserta memperoleh pengetahuan tambahan, peserta tidak memiliki masalah untuk menerapkan perilaku perubahan mereka di lingkungan kerja mereka dan juga faktor dukungan dari atasan, rekan kerja, dan juga bawahannya sangat berdampak terhadap perubahan perilaku mereka. Pada kesimpulannya, evaluasi terhadap perilaku individu setelah pelatihan merupakan hal yang bagus dan harus dilakukan. Namun masih banyak perbaikan yang harus dilakukan. Evaluasi 360 derajat adalah metode yang efektif untuk mengevaluasi perubahan perilaku. Karena responden juga bertindak sebagai pengamat langsung di tempat kerja. Sejauh ini departemen Leadership Academy sudah melakukan penilaian melalui Assessment Centre Indonesia (ACI). Namun ini hanya sebuah evaluasi namun tidak ada program yang mendukung atau tugas yang berkaitan dengan perubahan perilaku. Maka dari itu perlunya program dan tugas yang dapat mendukung perubahan perilaku partisipan dan juga perlu dukungan dari atasan seperti memberikan pelatihan atau bimbingan langsung.
Temuan yang didapat dari riset ini merupakan pertanyaan-pertanyaan yang didapat dari opm.gov (U.S. Personnel Management Office) untuk mendapatkan informasi dari data primer berdasarkan tingkat 3 Kirkpatrick.
Perpustakaan Digital ITB