2018_TA_PP_AZIZUL_HANIF_1-COVER.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
2018_TA_PP_AZIZUL_HANIF_1-BAB_I.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
2018_TA_PP_AZIZUL_HANIF_1-BAB_II.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
2018_TA_PP_AZIZUL_HANIF_1-BAB_III.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
2018_TA_PP_AZIZUL_HANIF_1-BAB_IV.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
2018_TA_PP_AZIZUL_HANIF_1-BAB_V.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
2018_TA_PP_AZIZUL_HANIF_1-PUSTAKA.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
UCAV sebagai salah satu tipe aplikasi UAV perlu memiliki kemampuan manuver yang baik untuk dapat menjalankan misi. Untuk itu dibutuhkan sistem kendali terbang otomatis – Automatic Flight Control System (AFCS)- untuk memudahkan operator dalam melakukan pengendalian terhadap gerakan manuver.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain sistem kendali terbang otomatis yang mampu melakukan tracking perintah kendali manuver yang diberikan sehingga pesawat dapat melakukan manuver sesuai dengan perintah kendali.
Pertama dilakukan analisis terhadap sistem lingkar terbuka untuk mengetahui karakteristik wahana UCAV yang akan dikendalikan. Sistem penambah kestabilan kemudian didesain untuk meningkatkan karakteristik kestabilan dinamik UCAV. Terakhir, dibuat sistem penambah perintah kendali yang menggunakan prinsip tracking controller. Prinsip ini bertujuan untuk melakukan tracking pada perintah kendali (variabel sikap dan lintas terbang untuk mengatur manuver) agar pesawat mampu melakukan gerak manuver sesuai perintah kendali yang diberikan.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa sistem kendali terbang otomatis yang dibuat telah berhasil melakukan tracking perintah kendali manuver dengan metode optimal.