digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di era globalisasi ini, perkembangan gaya hidup urban yang sangat cepat tidak dapat terelakkan, khususnya bagi para milenial. Milenial yang merupakan generasi yang saling terkoneksi sangat beketergantungan dengan internet. Para anak muda sangat susah dipisahkan dengan peranti elektronik nya yang terhuubung dengan internet, hal tersebut menyebabkan internet menjadi kebutuhan primer yang baru. Budaya coffee shop memiliki peran yang penting bagi generasi masa kini, dimana sebagian besar kedai kopi di Indonesia menawarkan koneksi wi-fiĀ¬ gratis dengan menjadikan para milenial sebagai target segmen pelanggan nya. Budaya kedai kopi ini secara tidak langsung mempengaruhi para milenial tak hanya menjadi ketergantungan internet, tetapi juga menjadi ketergantungan kopi atau kafein. Jumlah kedai kopi di Indonesia berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di kota Bandung, karena rendah nya hambatan masuk ke dalam bisnis kopi. Terlebih, pemerintah Indonesia telah turut serta mendukung warga Indonesia untuk menikmati kopi original dari Indonesia untuk turut serta dalam perkembangan ekonomi Indonesia. Berdasarkan data Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, industry makanan dan minuman telah tumbuh sebesar 9,46% selama kuartal ketiga tahun 2017, dan telah berkontribusi secara signifikan terhadap perkembangan ekonomi Indonesia terutama dalam Pendapatan Domestik Bruto non-minyak dan gas. Sa.Ko.Pi merupakan salah satu pemain kedai kopi di daerah Bandung Utara, dan sedang menghadapi isu bisnis yang berkaitan dengan jumlah penjualan dan pendapatan yang disebabkan oleh rendahnya kesadaran brand dan kompetitor di industri yang menargetkan segmen pelanggan yang sama, penting bagi Sa.Ko.Pi untk meng-evaluasi dan inovasi strategi kompetitif dan model kanvas bisnis nya. Penelitian ini melakukan beberapa langkah yang dimulai dari menganalisa isu bisnis dengan analisis internal dan eksternal. Setelah melakukan penelitian mendalam dan analisa data, dapat disimpulkan beberapa strategi marketing yang sesuai dengan Sa.Ko.Pi dan sumber pendapatan alternative sebagai strategi kompetitif Sa.Ko.Pi. Seperti membangun hubungan dengan komunitas dan influenser di Bandung, serta membuat konten pemasaran yang menarik. Selain itu sumber pendapatan alternative bisa didapatkan dari penjualan produk non-makanan dan minuman, serta biaya layanan seperti berlangganan kopi dan juga biaya sewa dari penggunaan kedai kopi.