digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pemahaman merupakan aspek yang sangat fundamental dalam matematika. Kemampuan guru untuk membantu siswa memahami matematika merupakan hal yang sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seputar pemahaman siswa terhadap materi sifat logaritma perkalian dan hasil bagi dua bilangan serta logaritma bilangan berpangkat. Dalam hal ini siswa yang paham diartikan bukan hanya sekedar tahu dan hafal sifat tersebut, tetapi lebih bagaimana siswa memiliki kemampuan dalam membuktikan sifat tersebut. Kenyataan di lapangan siswa menerima sifat-sifat tersebut sebagai sifat yang sudah jadi. Akibatnya pemahaman siswa terhadap sifat-sifat itu sangat rendah sebagaimana yang diperlihatkan dalam hasil tes diagnostik. Oleh karena itu penulis tertarik dan ingin secara langsung mengajarkan materi tersebut dengan membuktikan sifat tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mampu melakukan pembuktian dan pembelajaran yang didesain dengan pembuktian dapat dijadikan alternatif yang tepat guna meningkatkan pemahaman, kecakapan membuktikan dan pandangan positif terhadap matematika.