InvesProperti merupakan sebuah start-up yang sedang berkembang dari Bandung yang bergerak pada
industri Teknologi Finansial (Fintech) yang memiliki tujuan untuk membuat investasi di bidang
properti dapat terjangkau oleh semua kalangan menggunakan mekanisme udunan (crowdfunding).
Platform InvesProperti mudah digunakan, terjangkau karena dapat dimulai dengan 1 juta rupiah saja,
menguntungkan dan berbasiskan akad/prinsip Syariah. Kondisi internal dan eksternal perusahaan
InvesProperti akan dianalisis untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi
InvesProperti saat ini. Kondisi internal perusahaan akan dianalisis menggunakan STP (Segmen, Target,
Posisi) yang berfokus pada generasi milenial (milenial akhir) sebagai pasar utama, yang tertarik pada
peluang investasi dan analisis BMC (Kanvas Model Bisnis) untuk memetakan proses kegiatan
InvesProperti itu sendiri. Di sisi lain, kondisi eksternal perusahaan akan dianalisis menggunakan
Analisis Five’s Porter Force, Analisis konsumen dan Analisis kompetitor yang akan menunjukkan
kekuatan perusahaan.
Setelah memahami kondisi perusahaan saat ini, Analisis Root Cause Problems, Analisis TOWS dengan
menggabungan Analisis SWOT dan Analisis Lingkungan Makro juga akan digunakan untuk
mengidentifikasi, menyiapkan kekuatan yang dimiliki diantaranya investasi yang mudah digunakan,
memiliki resiko rendah dan untung tinggi serta pendirinya memiliki latar belakang dan keahlian dalam
industri ini; mengatasi kelemahan perusahaan , menemukan peluang, menentukan strategi baru untuk
menjawab mengapa generasi milenial tidak berinvestasi pada platform InvesProperti dan mengatasi
beberapa ancaman seperti adanya pesaing baru dan investasi kurang bisa dicairkan dalam waktu dekat.
Analisis ini dilakukan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan oleh InvesProperti untuk
mengembangkan bisni dan memenuhi kecocokan pasar. Dan dari semua analisis tersebut, penulis dapat
menjelaskan lebih lanjut dalam mengembangkan promosi dan strategi bisnis bagi generasi milenial.
Oleh karena itu, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh InvesProperti untuk menarik minat
generasi milenial, diantaranya mendidik mereka tentang pentingnya investasi sedini mungkin
khususnya dalam industri properti melalui kanal komunitas InvesProperti sendiri, mengikuti beberapa
acara seperti pameran dan kompetisi startup untuk mendapatkan kepercayaan dan meningkatkan
kesadaran brand dari perusahaan, mengembangkan produk yang baik berdasarkan masukan pengguna,
memelihara dan mengoptimalkan saluran yang telah dimiliki InvesProperti seperti media sosial dan
pemasaran e-mail untuk lebih melibatkan pengguna. Dan jika memungkinkan, menggunakan mikroinfluencer
untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Dan tetap terhubung tentang informasi mutakhir
mengenai regulasi OJK perihal ekuitas secara udunan untuk mendapatkan kepercayaan public