PENILAIAN STRATEGI MANAJEMEN PENGETAHUAN PADA KANTOR PUSAT
XYZ COMPANY DI AREA BANDUNG
YOSEF DADI ABDULLAH
NIM: 29115618
Tanggal Lulus Ujian Akhir (07/06/2018)
Tanggal Wisuda (20/07/2018)
Program Pasca Sarjana, Institut Teknologi Bandung, 2018
Pembimbing Tugas Akhir: Prof. Dr. Ir. Jann Hidajat Tjakraatmadja, MSIE
ABSTRAK
Perkembangan di era digital ini membawa perubahan dalam bisnis. Perusahaan harus
mengimplementasikan system manajemen baru atau strategi baru untuk beradaptasi dengan
perkembangan tersebut. Dalam hal ini, manajemen pengetahuan adalah solusi untuk memecahkan
masalah tersebut. Salah satu tujuan dari manajemen pengetahuan adalah untuk mentransformasiakn
sebuah organisasi menjadi organisasi belajar. Selain itu juga, menurut Goel, Geeta, and Renu (2010)
manajemen pengetahuan berperan penting dalam menyimpan pengetahuan, mendistribusikan
pengetahuan, serta menggunakan pengetahuan untuk memaksimalkan potensi bisnis dan juga
meminimalisir potensi kegagalan dalam proses bisnis. Dalam hal ini, Perusahaan XYZ mendirikan
manajemen pengetahuan pada tahun 2011 dalam rangka untuk beradaptasi dengan perkembangan di era
digital.
Penelitian ini dilakukan untuk menemukan hambatan apa yang dihadapi oleh perusahaan dalam
menjalani inisiatif-inisiatif manajemen pengetahuan serta strategi implementasi yang disesuaikan
dengan permasalahan bisnisnya. Penelitian ini juga menggunakan metode kuantitatif da kualitatif
melalui kuisioner dan wawancara peniliti dalam menemukan permasalahan. Kuisioner ini ditujukan
untuk beberapa karyawan di kantor pusat XYZ Company yang beroperasi di Bandung. Untuk mengukur
keabsahan hasil kuisioner dilakukan tes validasi serta reliabilitas menggunakan SPSS statistik.
Kuisioner ini dirangkai dengan menggunakan kerangka manajemen pengetahuan model Jann dengan
variable habitat belajar, pemimpin, sumber daya manusia, fasilitas belajar, dan disipilin organisasi. Hasil
tersebut akan menjadi acuan untuk menentukan strategi implementasi. Selain itu, dalam mendukung
penelitian ini, penulis menggunakan referensi seperti buku, jurnal, dan studi literature. Sementara itu,
akar permasalahan dalam penelitian ini berasal dari sumber daya manusia, proses, serta
implementasinya.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa alat ukur kusioner yang dilakukan dalam penelitian
ini dapat dipercaya dan diandalakan karena seluruh variable mencapai skor diatas 0,3. Kemudian, skor
korelasinya lebih dari 0,7 yaitu 0,989. Selain itu, hasil dari kusioner menunjukan variable fasilitas
belajar mencapai skor terendah diantara variable lainnya yaitu 3,330 dari 5 sebagai target. Urutan kedua
yaitu variable pemimpin mencapai skor 3,395, sumber daya manusia 3,506, habitat belajar mencapai
3,553, dan disiplin organisasi mencapai 3,686. Memperbaiki wahana.xyz.co.id, system penghargaan,
dan menyelenggarakan aktifitas informal akan menyelesaikan masalah mengenai fasilitas belajar. Selain
itu, mengadakan pelatihan kepemimpinan akan masalah mengenai pemimpin. Dalam hal lain, apresiasi
serta meningkatkan soft skill akan meningkatkan kinerja karyawan. Berkaitan dengan itu, menyediakan
program beasiswa dan mendorong para karyawan untuk mengikuti seminar sebanyak satu kali dalam
dua bulan akan meningkatkan kemauan untuk terus belajar. Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah
kordinasi antar pegawai atau unit bisinis dalam menyelesaikan masalah mengenai disiplin organisasi.
Kata Kunci: Implementasi, Pengetahuan, Strategi Manajemen Pengetahuan, XYZ Company, dan
Organisasi Belajar.