digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Yosef Dadi Abdullah.pdf
PUBLIC Kartika

PENILAIAN STRATEGI MANAJEMEN PENGETAHUAN PADA KANTOR PUSAT XYZ COMPANY DI AREA BANDUNG YOSEF DADI ABDULLAH NIM: 29115618 Tanggal Lulus Ujian Akhir (07/06/2018) Tanggal Wisuda (20/07/2018) Program Pasca Sarjana, Institut Teknologi Bandung, 2018 Pembimbing Tugas Akhir: Prof. Dr. Ir. Jann Hidajat Tjakraatmadja, MSIE ABSTRAK Perkembangan di era digital ini membawa perubahan dalam bisnis. Perusahaan harus mengimplementasikan system manajemen baru atau strategi baru untuk beradaptasi dengan perkembangan tersebut. Dalam hal ini, manajemen pengetahuan adalah solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Salah satu tujuan dari manajemen pengetahuan adalah untuk mentransformasiakn sebuah organisasi menjadi organisasi belajar. Selain itu juga, menurut Goel, Geeta, and Renu (2010) manajemen pengetahuan berperan penting dalam menyimpan pengetahuan, mendistribusikan pengetahuan, serta menggunakan pengetahuan untuk memaksimalkan potensi bisnis dan juga meminimalisir potensi kegagalan dalam proses bisnis. Dalam hal ini, Perusahaan XYZ mendirikan manajemen pengetahuan pada tahun 2011 dalam rangka untuk beradaptasi dengan perkembangan di era digital. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan hambatan apa yang dihadapi oleh perusahaan dalam menjalani inisiatif-inisiatif manajemen pengetahuan serta strategi implementasi yang disesuaikan dengan permasalahan bisnisnya. Penelitian ini juga menggunakan metode kuantitatif da kualitatif melalui kuisioner dan wawancara peniliti dalam menemukan permasalahan. Kuisioner ini ditujukan untuk beberapa karyawan di kantor pusat XYZ Company yang beroperasi di Bandung. Untuk mengukur keabsahan hasil kuisioner dilakukan tes validasi serta reliabilitas menggunakan SPSS statistik. Kuisioner ini dirangkai dengan menggunakan kerangka manajemen pengetahuan model Jann dengan variable habitat belajar, pemimpin, sumber daya manusia, fasilitas belajar, dan disipilin organisasi. Hasil tersebut akan menjadi acuan untuk menentukan strategi implementasi. Selain itu, dalam mendukung penelitian ini, penulis menggunakan referensi seperti buku, jurnal, dan studi literature. Sementara itu, akar permasalahan dalam penelitian ini berasal dari sumber daya manusia, proses, serta implementasinya. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa alat ukur kusioner yang dilakukan dalam penelitian ini dapat dipercaya dan diandalakan karena seluruh variable mencapai skor diatas 0,3. Kemudian, skor korelasinya lebih dari 0,7 yaitu 0,989. Selain itu, hasil dari kusioner menunjukan variable fasilitas belajar mencapai skor terendah diantara variable lainnya yaitu 3,330 dari 5 sebagai target. Urutan kedua yaitu variable pemimpin mencapai skor 3,395, sumber daya manusia 3,506, habitat belajar mencapai 3,553, dan disiplin organisasi mencapai 3,686. Memperbaiki wahana.xyz.co.id, system penghargaan, dan menyelenggarakan aktifitas informal akan menyelesaikan masalah mengenai fasilitas belajar. Selain itu, mengadakan pelatihan kepemimpinan akan masalah mengenai pemimpin. Dalam hal lain, apresiasi serta meningkatkan soft skill akan meningkatkan kinerja karyawan. Berkaitan dengan itu, menyediakan program beasiswa dan mendorong para karyawan untuk mengikuti seminar sebanyak satu kali dalam dua bulan akan meningkatkan kemauan untuk terus belajar. Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah kordinasi antar pegawai atau unit bisinis dalam menyelesaikan masalah mengenai disiplin organisasi. Kata Kunci: Implementasi, Pengetahuan, Strategi Manajemen Pengetahuan, XYZ Company, dan Organisasi Belajar.