digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

YouTube menyediakan cara baru bagi perusahaan untuk mempromosikan produk mereka. Dari e-spanduk, iklan pra-putar, dan poster. Perusahaan melihat peluang ini karena jumlah pengguna YouTube meningkat pesat di Indonesia. Namun, masalahnya adalah pada studi terbatas tentang keefektifan iklan YouTube terhadap niat membeli pemirsa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah iklan pra-putar di YouTube akan mempengaruhi niat membeli pemirsa. Penelitian ini mengidentifikasi keefektifan menggunakan iklan pra-putar di YouTube untuk tujuan pembelian konsumen. Iklan yang digunakan adalah iklan dalam lingkup YouTube Indonesia dan produk yang ada di pasar Indonesia. Sampel penelitian ini adalah pengguna internet yang tinggal di Indonesia. Kuesioner dibagikan melalui media sosial dan kemudian dianalisis menggunakan model persamaan struktur. Temuan menunjukkan bahwa iklan pra-putar secara positif dan signifikan memengaruhi niat pembelian pemirsa mereka. Oleh karena itu, menggunakan aplikasi iklan pra-putar di YouTube untuk iklan benar-benar harus dipertimbangkan karena dampak yang baik.