Penggunaan metode desain mean-line pada analisis dan desain turbin aksial memungkinkan prediksi performa dan menjadi tahapan awal optimasi. Pada penelitian ini, dilakukan analisis terhadap geometri cascade linear yang merupakan hasil perpotongan pada mean-line blade turbin dengan menggunakan metode analitik dan simulasi CFD. Metode analitik yang digunakan merupakan metode Velocity Triangle Analysis,yang berfokus pada perubahan kecepatan aliran pada turbindan pengaruhnya terhadap properti termodinamiknya. Hasil analisis tersebut kemudian dibandingkan dengan hasil analisis menggunakan metode kedua yaitu penyelesaian persamaan Reynolds Average Navier Stokes (RANS) pada perangkat lunak ANSYS CFX. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari kedua metode tersebut didapatkan perilaku fisik aliran yang serupa pada perubahan karakteristik termodinamiknya, namun masih memiliki galat yang besar antara keduanya. Untuk memperbaiki hasil analisis dengan Velocity Triangle Analysis, dilakukan tuning terhadap data Sudut aliran yang didapatkan dari hasil simulasi CFD. Proses ini menunjukkan adanya penurunan nilai galat antara metode analitik dan metode CFD, baik pada nilai karakteristik termodinamik maupun pada nilai daya spesifik.