digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dewasa ini, situasi bisnis di Indonesia ditandai oleh pertumbuhan secara eksponensial dari perusahaan online, dan menurunnya tingkat pertumbuhan department store, yang menyebabkan sebagian cabang mereka ditutup. Lingkungan bisnis yang berubah ini telah mendorong beberapa department store tradisional di Indonesia untuk mengarahkan fokus mereka ke belanja online (online shopping) atau e-commerce. Pasaraya Department Store yang merupakan salah satu department store tertua di Indonesia juga mengalami penurunan pendapatan, meski tidak ada cabang yang ditutup. Karena itu, Pasaraya Department Store yang dulunya adalah perusahaan brick and mortar juga mulai melakukan transisi ke perusahaan click and mortar dengan mendirikan pasarayastore.com. Penelitian ini mencoba untuk menentukan faktor-faktor apa yang mempengaruhi konsumen untuk melakukan transaksi belanja online di pasarayastore.com, dan strategi apa yang perlu diambil oleh pasarayastore.com berdasarkan hasil analisis terhadap faktor-faktor tersebut. Berdasarkan Theory of Planned Behavior (TPB), faktor atau variabel online purchase intention dipilih sebagai prediktor langsung pelanggan untuk melakukan online shopping transaction. TPB juga menunjukkan bahwa anteseden dari Intention adalah Attitude, jadi faktor selanjutnya yang harus diperhatikan adalah sikap terhadap belanja online (attitude toward online shopping). Aktivitas online berkaitan dengan teknologi, oleh karena itu faktor tambahan yang terkait dengan niat pembelian online yang harus diperhatikan adalah kenyamanan belanja online (online shopping convenience), sitequality dan model penerimaan teknologi (Technology Acceptance Model/TAM). Dengan menggunakan 5 facctors atau variabel ini, sebuah model penelitian yang didasarkan pada pemodelan persamaan struktural (SEM) dibangun. Model penelitian ini terdiri dari 5 hipotesis dengan tanda atau pengaruh positif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan survei online. 120 responden, yang merupakan generasi milenium, telah mengakses situs pasarayastore.com dan mengisi kuesioner secara lengkap. Data yang terkumpul kemudian diproses menggunakan SPSS dan LISREL 8.8. Hasilnya menunjukkan bahwa semua hipotesis penelitian didukung. Selain itu, hasilnya juga mengungkapkan bahwa ada kekurangan pengetahuan/kesadaran (awarness) dari responden terhadap pasarayastore.com. Studi ini menyarankan suatu strategi akuisisi pelanggan untuk pasarayastore.com, dalam rangka meningkatkan kesadaran dari pelanggan. Strategi yang disarankan terdiri dari 3 taktik pemasaran digital yang akan diimplementasikan, yaitu pemasaran konten, pemasaran media sosial dan pemasaran e-mail.