Peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan jika pihak sekolah dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya terkait dengan minat, motivasi dan kemampuan siswa, salah satunya dengan melihat perkembangan siswa melalui data-data siswa. Namun, terdapat kendala kurangnya pemahaman guru dalam melakukan analisis data menyebabkan informasi dari data yang ada tidak dapat digunakan secara maksimal. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan pada penelitian ini adalah data yang sudah dikumpulkan belum diolah secara maksimal padahal hasil pengolahan data tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemajuan sekolah, khususnya di SMAN 3 Putra Bangsa Lhoksukon, Aceh Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi dari hasil analisis data nilai UN tahun 2014 dan 2015 berdasarkan nilai 6 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, serta dapat memotivasi guru untuk meningkatkan pemahaman dalam menganalisis data di sekolah sehingga dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar di setiap mata pelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis melakukan analisis data dengan pendekatan
statistik dan teori graf, khususnya aplikasi Minimum Spanning Tree (MST) dengan menggunakan algoritma Kruskal. Adapun tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil UN siswa dari tahun 2014 ke tahun 2015, (2) mengetahui apakah terdapat
perbedaan nilai kemampuan UN siswa laki-laki dan perempuan pada tahun 2014 dan 2015, (3) mengetahui pelajaran UN yang menjadi center melalui terapan MST dengan bobot koefisien korelasi pada tahun 2014 dan 2015, serta (4) mengetahui pelajaran yang menjadi center berdasarkan kelompok jenis
kelamin melalui terapan MST dengan bobot koefisien korelasi tahun 2014 dan 2015. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa alumni tahun ajaran 2013/2014 dan 2014/2015 program IPA SMA Negeri 3 Putra Bangsa-Lhoksukon, Aceh Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Data yang diambil merupakan data nilai UN seluruh siswa alumni tahun 2014 dan 2015 sehingga penelitian ini merupakan
penelitian terhadap populasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Prestasi siswa tahun 2015 mengalami peningkatan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Kimia, dan Biologi. Sementara pada mata pelajaran Fisika menurun dari tahun 2014 serta tidak ada peningkatan pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Oleh karena itu, perlu ditelaah lebih lanjut kesulitan siswa pada mata pelajaran Fisika sehingga
guru dapat merancang berbagai metode dan strategi yang lebih baik dalam pembelajaran Fisika, (2) tidak terdapat perbedaan kemampuan antara siswa laki-laki dan perempuan baik pada tahun 2014 maupun 2015, (3) pada tahun 2014, mata pelajaran yang menjadi center adalah Biologi, sedangkan pada tahun 2015 adalah Matematika, (4) berdasarkan kelompok jenis kelamin, tahun 2014 yang menjadi center pada siswa laki-laki adalah Bahasa Indonesia, dan pada siswa perempuan adalah Biologi, sedangkan pada tahun 2015 yang menjadi center adalah Matematika baik siswa laki-laki maupun perempuan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut: (1) guru hendaknya melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan hasil pembelajaran di masa yang akan datang terutama pada pelajaran Matematika yang merupakan induk dari segala ilmu, (2) perlu diadakan pelatihan analisis data bagi guru-guru khususnya di daerah sehingga guru dapat memaksimalkan informasi dari data di sekolah.