digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pagar keselamatan berfungsi meminimalkan dampak tabrakan dengan benda-benda berbahaya di sisi jalan. Namun, ada kalanya fatalitas tetap terjadi ketika suatu kendaraan menabrak pagar keselamatan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pagar keselamatan kaku dan semikaku dalam mencegah terjadinya fatalitas kecelakaan di jalan tol, dibandingkan dengan kondisi tanpa adanya pagar keselamatan. Sebuah model regresi logistik biner dikembangkan untuk mendapatkan hubungan antara fatalitas kecelakaan dengan variabel-variabel yang mempengaruhinya. Hasilnya menunjukkan bahwa fatalitas kecelakaan berhubungan dengan jenis kendaraan yang menabrak dan jenis pagar keselamatan yang ditabrak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pagar keselamatan semikaku memiliki efektivitas tertinggi dalam mencegah fatalitas kecelakaan ketika ditabrak dan pagar keselamatan kaku memiliki efektivitas terendah dalam mencegah fatalitas kecelakaan ketika ditabrak, bahkan jika dibandingkan dengan kondisi tanpa adanya pagar keselamatan yang dipasang di lokasi kecelakaan. Hal ini disebabkan faktor kekurangakuratan model yang hanya menggunakan variabel jenis kendaraan dan jenis pagar sebagai variabel bebas dan mengabaikan variabel-variabel lain yang terlibat pada saat kecelakaan tersebut terjadi.