digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2018 TS PP LAKSMI RACHMADITA 1-ABSTRAK.pdf
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Tarkam merupakan sebuah usaha yang bergerak diindustri social commerce. Bisnis ini telah berjalan selama dua tahun. Pada awal kemunculannya, bisnis ini didirikan oleh tiga orang yang memiliki kesenangan yang sama dan memiliki tujuan untuk membuat suatu usaha yang mampu menunjang hobi futsal. Tarkam merupakan sebuah usaha yang memiliki spesialisasi untuk pemain futsal menggunakan aplikasi handphone, dengan tujuan untuk menjadi wadah yang mampu memfasilitasi para pemain futsal menemukan tim untuk pertandingan futsal. Dengan menggunakan modal pribadi dari pemilik usaha, perusahaan ini berhasil merekrut 6 orang yang diposisikan kedalam beberapa divisi dan sudah berhasil muncul di Google Play Store. Tarkam yang merupakan aplikasi gratis menemukan permasalahaan yang berhubungan dengan jumlah pengguna dilihat dari tingkat unsitall yang terus meningkat dan hambatan untuk mendapatakan pemasukan dari penjualan spot iklan. Struktur konsep untuk kasus ini telah dibuat dengan pengajuan tujuan riset dan penggalian data menggunakan data primer dan sekunder.Data tersebut akan dianalisa sebagai bagian dari penilaian internal dan ekternal untuk memperkuat analisa SWOT. Melalui analisa SWOT kemudian akan menghasilan Strategi Generik untuk Tarkam yang akan di analisa lebih jauh menggunakan pendekatan Analisa Five Diamond. Hasil dari riset ini adalah, terdapat beberapa variabel dominan yang menjadi daya tarik pengguna untuk mengunduh sebuah aplikasi, variabel tersebut adalah: variabel kebutuhan, fitur, dan biaya. Untuk mampu memenuhi kebutuhan pasar sesuai dengan varibel dominan, beberapa strategi telah dibuat, yaitu mencakup: kolaborasi, strategi diferensiasi, dan pengajuan bisnis model baru yang diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi performa keuangan perusahaan.