Tulisan ini membahas tentang optimasi berat dari struktur panel wing box. Dalam penelitian ini di studi hanya bagian atas panel saja. Metode optimasi yang digunakan adalah Sequential Unconstrained Minimization Techniques (SUMT). Metode SUMT yang digunakan adalah Interior Penalty Function. Untuk mendapatkan pencari arah (search direction) dipakai metode optimasi tanpa kendala Davidon Fletcher Powell dan Steepest Descent. Sedangkan panjang langkah (step length) diperoleh dari optimasi satu dimensi (One Dimensional Minimization) dengan Cubic Interpolation dan Golden Section. Untuk menganalisis tegangan pada struktur digunakan metode Elemen Hingga dan Metode Pendekatan. Dengan elemen hingga struktur panel dimodelkan menjadi elemen segi empat dan elemen balok, selanjutnya dihitung eigen value struktur dengan Subspace Iteration method. Pada Metode Pendekatan tegangan kritis struktur dapat langsung ditentukan melalui persamaan yang didapat dari grafik yang memberikan hubungan antara dimensi struktur dan koefisien tekuk. Hasil yang diperoleh dari studi pada station 500 adalah pada kondisi berat minimum belum tercapai simultaneous modes of failure baik untuk optimasi dengan elemen hingga atau dengan metode pendekatan.