digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indonesia adalah negara yang kaya akan warisan budaya, terutama untuk makanan dan minuman Indonesia. Di Indonesia, makanan dan minuman adalah pendapatan wisata tertinggi kedua setelah akomodasi. Salah satu daerah penghasil tertinggi di Indonesia adalah Jawa Barat. Jawa Barat memiliki potensi pasar yang besar untuk eksportir produk makanan. Banyak produk kuliner Jawa Barat yang perlu mengiklankan barang mereka untuk masuk ke dunia, salah satunya adalah Rasa Khano.Rasa Khano adalah UKM yang perlu mendesain produknya di luar negeri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peluang memasarkan produk kuliner tradisional Indonesia, karena Indonesia kaya akan sumber daya kulinernya dan Indonesia mampu memasuki pasar internasional, menetapkan strategi pemasaran untuk produk kuliner Jawa Barat dalam memasuki Pasar Internasional, dan mengetahui Strategi UKM di Jawa Barat untuk Rasa Khano sehingga bisa dilakukan bencmarking. Analisis ini mencoba menggunakan tolok ukur dengan melakukan wawancara mendalam semi terstruktur yang dipilih, menggunakan snowball sampling. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, peneliti kemudian akan menanyakan kepada responden dengan mewawancarai 10 UKM Jawa Barat yang telah memasuki pasar. Data yang diperoleh dari Departemen Perdagangan dan Industri (Disperindag) dan dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Barat. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa para peneliti menemukan strategi pemasaran yang tepat untuk Rasa Khano, tahap pertama harus disiapkan oleh Rasa Khano dalam menjual barang di luar negeri, analisis bisnis untuk Rasa Khano, dan mengetahui target pasar di luar negeri yang merupakan target pasar di luar jangkauan Rasa Khano.