Indonesia adalah negara yang kaya akan warisan budaya, terutama untuk makanan dan minuman
Indonesia. Di Indonesia, makanan dan minuman adalah pendapatan wisata tertinggi kedua setelah
akomodasi. Salah satu daerah penghasil tertinggi di Indonesia adalah Jawa Barat. Jawa Barat memiliki
potensi pasar yang besar untuk eksportir produk makanan. Banyak produk kuliner Jawa Barat yang perlu
mengiklankan barang mereka untuk masuk ke dunia, salah satunya adalah Rasa Khano.Rasa Khano adalah
UKM yang perlu mendesain produknya di luar negeri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peluang memasarkan produk kuliner tradisional
Indonesia, karena Indonesia kaya akan sumber daya kulinernya dan Indonesia mampu memasuki pasar
internasional, menetapkan strategi pemasaran untuk produk kuliner Jawa Barat dalam memasuki Pasar
Internasional, dan mengetahui Strategi UKM di Jawa Barat untuk Rasa Khano sehingga bisa dilakukan
bencmarking.
Analisis ini mencoba menggunakan tolok ukur dengan melakukan wawancara mendalam semi terstruktur
yang dipilih, menggunakan snowball sampling. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, peneliti
kemudian akan menanyakan kepada responden dengan mewawancarai 10 UKM Jawa Barat yang telah
memasuki pasar. Data yang diperoleh dari Departemen Perdagangan dan Industri (Disperindag) dan dari
Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Barat. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa para peneliti
menemukan strategi pemasaran yang tepat untuk Rasa Khano, tahap pertama harus disiapkan oleh Rasa
Khano dalam menjual barang di luar negeri, analisis bisnis untuk Rasa Khano, dan mengetahui target pasar
di luar negeri yang merupakan target pasar di luar jangkauan Rasa Khano.