digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan internet terjadi sangat pesat di Indonesia. Hal tersebut memberikan peluang kemudahan bagi UMKM sebagai salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya melalui pemasaran online. Pemasaran online memberikan berbagai manfaat dan kemudahan yang tidak didapatkan dengan pemasaran offline. Untuk mencapai kesuksesan dalam sebuah bisnis, dibutuhkan perumusan strategi pemasaran yang tepat, salah satu bentuknya adalah perancangan Bauran Pemasaran yang efektif dan efisien. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menyikapi perubahan cepat yang terjadi dalam lingkungan bisnis dan berbagai keterbatasan yang dimiliki UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kriteria penting dalam Bauran Pemasaran yang harus diperhatikan UMKM dalam pemasaran online dan menentukan peringkat dari kriteria tersebut. Penelitian dilakukan terhadap 4 UMKM yang berada pada tahap sukses dalam perkembangan bisnis melalui wawancara semi terstruktur untuk proses identifikasi kriteria penting kemudian dilanjutkan dengan penggunaan kuesioner AHP dalam penentuan peringkat kriteria. Setelah data dianalisis dan ditarik kesimpulan, ditemukan 40 kriteria penting pada Bauran Pemasaran online yang terdiri dari 11 kriteria pada dimensi Produk, 8 kriteria pada dimensi Harga, 9 kriteria pada dimensi Tempat, 12 kriteria dalam dimensi Promosi berserta peringkat dari seluruh kriteria tersebut. Hasil penelitian dapat dipergunakan UMKM dalam perbaikan strategi pemasaran dalam hal penentuan kriteria apa saja yang harus diperhatikan dan urutan priortas dalam perbaikannya.