digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2019 TA PP DARINA SALSABILA MAULANA 1pdf
Terbatas Saipul Aripin
» ITB

Pemanasan global, kesenjangan ekonomi, dan konflik sosial besar adalah masalah krusial yang dihadapi Indonesia hampir setiap hari. Tiga masalah dimasukkan ke dalam tiga pilar berkelanjutan utama, di mana mereka adalah lingkungan, ekonomi, dan sosial. Untuk mengatasi masalah ini, solusi perlu fokus terutama pada pemeliharaan tiga pilar berkelanjutan yang telah disebutkan. Salah satu cara yang jelas untuk mencegah masalah ini adalah dengan meningkatkan kesadaran akan hal-hal ini di tengah masyarakat. Kesadaran dapat diperoleh dalam jumlah besar dengan pendidikan. Ecopedagogy adalah gerakan yang berfokus dalam memberikan pengajaran dan pembelajaran tentang pembangunan berkelanjutan. Agar gerakan ini dapat dioptimalkan, fasilitas perlu didukung. Dan juga, metode pendidikan yang mempengaruhi banyak orang secara efektif adalah pendidikan formal. Dalam hal ini, pendidikan awal sangat penting untuk menjadi dasar pikiran seseorang, karena pada tahap ini, adalah ketika seseorang membangun pola pikir mereka. Inilah alasan mengapa penelitian ini mengambil sekolah dasar negeri sebagai tempat belajarnya, karena sekolah dasar negeri adalah waralaba sekolah terbesar di Indonesia. Ini adalah proyek yang menggunakan penelitian kualitatif dalam fase awalnya. Teori yang akan menjadi referensi untuk penelitian ini adalah Ecopedagogy, Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan UNESCO, C. Efek Desain Sekolah Kenneth Tanner terhadap Hasil Siswa, Gedung Ekologi Heinz Frick, Sekolah Iklim UNESCO, dan Peraturan Pemerintah Indonesia untuk sekolah dasar. Untuk itu parameter digunakan sebagai patokan untuk mendesain sekolah. Untuk merancang dan memecahkan masalah melalui fasilitas, konsep, dan program dalam ruang untuk mengejar visi ecopedagogy melalui pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan untuk mendidik; sebagai pendidikan formal; untuk membuat pengguna akrab dengan kehidupan ramah lingkungan, dengan mempromosikan hidup ramah lingkungan dengan desain sekolah dan mendukung pendidikan awal di lingkungan dan kesadaran keberlanjutan adalah tujuan utama dari proyek ini. Hasil untuk proyek ini adalah desain sekolah untuk sekolah dasar umum yang memiliki konsep utama mengejar ecopedagogy melalui desain berkelanjutan. Output disajikan dalam bentuk gambar kerja, perspektif, pemodelan melalui mock up dan berjalan melalui video. Rancangan ini diharapkan dapat diterapkan di sekolah dasar negeri yang ada, sehingga anak-anak Indonesia dapat memiliki pendidikan yang lebih baik dengan mendukung dan memperkenalkan kesadaran keberlanjutan melalui fasilitas dari proyek ini.