digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Permainan berbasis cerita merupakan salah satu aplikasi dari cerita interaktif (interactive narrative) yaitu sebuah bidang yang memberikan pengalaman interaktif digital dimana pemain dapat memengaruhi cerita. Untuk meringankan usaha pendefinisian cerita oleh manusia, telah dikembangkan sistem pembangkitan cerita dengan bantuan inteligensia buatan seperti sistem Mimesis dan sistem Thespian. Namun, kedua sistem masih dalam lingkup penilitian dan belum dikembangkan khusus untuk pengarang permainan berbasis cerita. Pembangkitan cerita interaktif berbasis agen bersifat reaktif dapat dicapai dengan implementasi arsitektur pengambilan keputusan bernama goal oriented action planning (GOAP). Untuk membangkitkan cerita interaktif yang baik diimplementasikan prinsip kontrol dan koherensi serta prinsip character believability. Struktur cerita yang dibangkitkan GOAP merupakan interaksi agen non-playable character (NPC) dan pemain pada lingkungan virtual secara real time. Aksi pemain yang menimbulkan intensi agen NPC dapat memengaruhi formulasi rencana agen tersebut. Model domain cerita berbentuk STRIPS-like dan model agen berbentuk elemen formulasi rencana GOAP. Sistem pembangkitan cerita terdiri dari empat komponen yaitu komponen parser, komponen direktor, komponen agen domain cerita, dan komponen visualisasi. Pada penelitian dilakukan pengujian terhadap kualitas cerita yang diukur dari pengalaman pemain dan kegunaan sistem untuk pengarang. Pengalaman cerita yang dibangkitkan tergolong baik dengan mayoritas dimensi IRIS-InSTEt jatuh pada skala agree dan strongly agree. Selain itu, berdasarkan indikator renewal rate, sistem dapat menghasilkan 72,11% konten baru setelah satu sesi permainan. Kegunaan sistem diukur dengan System Usability Scale dan mendapatkan adjective ratings Ok/Fair. Sistem layak digunakan karena mayoritas partisipan tahu bagaimana mengembangkan permainan berbasis cerita dengan sistem ini.