digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER - ARBI PARIANTA LUKMAN
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 - ARBI PARIANTA LUKMAN
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 2 - ARBI PARIANTA LUKMAN
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 3 - ARBI PARIANTA LUKMAN
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 5 - ARBI PARIANTA LUKMAN
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 4 - ARBI PARIANTA LUKMAN
PUBLIC Alice Diniarti

PUSTAKA - ARBI PARIANTA LUKMAN
PUBLIC Alice Diniarti

Menurunnya kondisi dari suatu jalan akan dirasakan oleh pengguna jalan yaitu dengan berkurangnya tingkat kenyamanan dan keselamatan. Cara untuk mengidentifikasi kondisi dari permukaan jalan yaitu dengan melakukan survey kondisi jalan. Salah satu metode survey yang dilakukan untuk melakukan penilaian kondisi permukaan jalan yaitu menggunakan alat Hawkeye. Hasil keluaran alat ini akan digunakan dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji hasil data visual Hawkeye untuk mendapatkan nilai tiap jenis kerusakan jalan yang kemudian digunakan untuk menentukan nilai index kondisi jalan pada studi kasus dengan metode PCI. Parameter-parameter yang berpengaruh signifikan terhadap nilai PCI juga dianalisis sehingga didapatkan rekomendasi penggunaan alat Hawkeye pada penilaian kondisi perkerasan menggunakan data PCI. Data yang digunakan pada penelitian ini berasal dari data hasil survey dengan menggunakan alat Hawkeye. Data keluaran alat Hawkeye ini kemudian diproses dengan bantuan perangkat komputer Hawkeye Processing Toolkit sehingga menghasilkan data-data yang digunakan sebagai input untuk menghitung nilai kondisi jalan. Analisis dimulai dengan mengidentifikasi jenis kerusakan beserta tingkat kerusakannya menggunakan software Hawkeye Processing Toolkit dari data hasil survey alat Hawkeye. Setelah menganalisis parameter-parameter yang memberi pengaruh yang signifikan terhadap penilaian kerusakan pada metode PCI dengan melihat jenis kerusakan yang memberi deduct value terbesar pada setiap tingkat kerusakan. Hasil identifikasi kerusakan digunakan sebagai input dalam menentukan nilai kerusakan permukaan sehingga nilai indeks kerusakannya diketahui. Dari hasil analisis didapatkan jenis kerusakan, tingkat keparahan kerusakan dan besar kuantitas dari kerusakan yang terjadi. Kemudian didapatkan beberapa kerusakan seperti Potholes, Alligator Cracking dan Bumps&Sags yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penilaian dari kondisi jalan. Secara umum pada daerah studi didapatkan hasil kondisi jalan berada dalam kondisi baik. Dan dari hasil analisis didapatkan rekomendasi terhadap penerapan metode PCI menggunakan data hasil pengukuran alat Hawkeye.