digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pertumbuhan dari Usaha Mikro Kecil Menengah memberikan pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi. UMKM memberikan dampak dan tempat yang baik dalam aktivitas ekonomi. Menurut Chugtai (2014) UMKM terus meningkat dan mempunyai peran yang besar dalam perkembangan kota. Bisnis fesyen adalah salah satu aspek yang berpotensi besar di kota Bandung, didukung oleh ketersediaan bahan baku, lingkungan sosial melalui komunitas fashion, dan ketersediaan sumber daya manusia untuk membangun bisnis fesyen. Saat ini, banyak sekali cara yang dilakukan oleh perusahaan seperti UMKM untuk mempromosikan produknya. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh banyak perusahaan dalam memperkenalkan dan langsung membuat para calon customernya peduli akan brand adalah menggunakan strategi pemasaran melalui event. Event marketing merupakan aktivitas yang direncanakan dan diselenggarakan oleh perusahaan secara inten untuk memperkenalkan merek dari perusahaan tersebut, terdapat tiga elemen penting untuk mengukur kesukesan dalam sebuah event yaitu: hiburan, rangsangan, dan usaha (Hoyle, 2002). Pemasaran melalui event merupakan salah satu peluang bagi perusahaan untuk menjangkau pasar serta memberikan kontak langsung kepada customer saat event tersebut digelar, dan dapat memberikan kesan yang berbeda saat menghadiri event tersebut (Zarantonello, 2012). Bisnis UMKM dapat menggunakan strategi marketing event ini untuk meningkatkan kepedulian brand. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui pengaruh event marketing terhadap kepedulian brand customer fashion terutama di kota Bandung sekaligus memberikan rekomendasi yang sesuai untuk di implementasikan. Studi ini dilaksanakan di Bandung dengan 100 respondent berusia 15 – 30 tahun yang diambil dengan mengambil sampel penilaian melalui Likert-scale dengan skala 1 sampai 5 dengan menggunakan kuisioner. Dalam studi ini, event marketing merupakan variabel independen, sedangkan brand awareness merupakan variabel dependen. Metode regresi linear sederhana digunakan untuk menganalisis dampak ataupun pengaruh yang dari event marketing terhadap kepedulian brand. Hasil dari studi ini menyatakan bahwa event marketing memiliki impact terhadap kepedulian sebuah brand. Event yang customer inginkan memiliki indikator-indikator utama seperti event yang inovatif, event yang dapat memberikan keuntungan bagi para customernya, dan event yang dapat memberikan pengalaman yang berbeda bagi para customernya. Penelitian ini sangat bermanfaat bagi para manajer pemasaran, pemilik bisnis, dan seluruh rangkaian yang terkait dengan UMKM yang fokus pada industri fesyen dalam rangka memahami pengaruh dari event marketing dan pentingnya event marketing untuk membuat customer peduli akan brand. Peneliti berharap, penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk membuat strategi dan merancang event marketing yang baik agar dapat diimplementasikan dalam bisnisnya.