2018 TS PP ALPINALIAH RAHMIJATI 1-ABSTRAK.pdf
PUBLIC Taupik Abidin COVER ALPINALIAH RAHMIJATI (29015012)
PUBLIC Taupik Abidin 2021 TS PP ALPINALIAH R 1-CHAPTER I.pdf?_
PUBLIC Taupik Abidin 2021 TS PP ALPINALIAH R 1-CHAPTER II.pdf
]
PUBLIC Taupik Abidin 2021 TS PP ALPINALIAH R 1-CHAPTER III.pdf)u
PUBLIC Taupik Abidin
Garut adalah sebuah kota kecil yang berlokasi di provinsi Jawa Barat yang
puluhan tahun dikenal dengan tujuan wisata dan kuliner tradisionalnya. Pada
tahun-tahun terakhir, seiring dengan kehadiran sosial media, aplikasi transportasi
online dan perubahan gaya hidup pada generasi muda, bisnis kuliner mulai
berkembang di Garut. Kuliner sebagai salah satu bagian dari 15 subsektor
ekonomi kreatif adalah sebuah aktifitas kompleks dimana persiapan, proses dan
penyajian makanan dan minuman dikombinasikan dengan kreatifitas, estetika,
budaya dan kearifan local sebagai elemen penting yang menambah nilai dan rasa
produk, meningkatkan kekuatan pembelian dan pengalaman dari pembeli. Industri
kuliner di Garut saat ini berada pada tahap awal menjadi industri kreatif. Generasi
muda pemilik usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sektor kuliner di Garut
telah menyadari pentingnya inovasi produk dan media sosial untuk tetap dapat
kompetitif di pasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keunggulan bersaing
UMKM kuliner di Garut dan pengaruhnya terhadap pengembangan strategi bisnis
dan kinerja bisnis mereka. Penelitian ini juga menganalisis inovasi produk dan
media sosial sebagai sumber dari keunggulan bersaing. Untuk mencapai tujuan
penelitian tersebut, penelitian kuantitatif terutama survey UMKM kuliner telah di
lakukan. Total data sampel yang terkumpul adalah 393 dalam bentuk kuesioner.
Data dianalisis denga metode statistik; Confirmatory Factor Analysis (CFA) and
Structural Equation Modelling (SEM).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara inovasi
produk dan media sosial sebagai keunggulan bersaing UMKM kuliner di kota
Garut. Penelitian ini juga menunjukkan hubungan positif antara keunggulan
bersaing dengan pengembangan strategi bisnis serta pengembangan strategi bisnis
dengan kinerja bisnis UMKM kuliner di Garut.