digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cokotetra Café adalah sebuah kedai kopi yang terletak di Jalan Dago, Bandung, yang menyajikan minuman kopi sebagai menu andalan. Cokotetra Café berdiri sejak tahun 2012 dan saat ini kafe tersebut mencoba menjalankan strategi baru, yaitu membuat kartu loyalitas untuk pelanggannya. Pemilik kafe bertujuan agar melalui strategi baru ini, pelanggannya akan lebih setia dengan Cokotetra Café. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkat loyalitas pelanggan sebagai hasil dari program yang ditawarkan oleh kafe Cokotetra, yaitu kartu loyalitas. Apakah terdapat efek positif yang signifikan atau tidak dengan menggunakan kartu loyalitas untuk meningkatkan level dari loyalitas pelanggan. Penelitian ini akan fokus pada kafe Cokotetra Bandung. Mempertimbangkan bahwa peran dari pelanggan sangatlah penting, maka penelitian ini ditunjukkan untuk pelanggan di kafe Cokotetra Bandung yang memiliki kartu loyalitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan skala likert untuk variable-variable yang ada untuk mengetahui prioritas sudut pandang pelanggan. Untuk analisis data digunakan analisis diskriminan untuk menentukan pengelompokan yang sesuai dengan variable yang ada, dan unutk mengetahui bagaimana mengklasifikasikan tiap variable. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan menggunakan analisis diskriminan, tingkat loyalitas pelanggan di Cokotetra Café berada pada tingkat loyalitas kedua, yaitu berada pada tingkat afektif. Di tingkat afektif, karakteristik pelanggan ialah merasakan perbedaan sebelum mereka datang dan setelah mereka datang dan setelah menggunakan kartu loyalitas di Kafe Cokotetra, yang hal tersebut di dorong oleh rasa kepuasan pelanggan.