Di era ekonomi disruptif saat ini, electronic marketplace (e-marketplace)
berkembang menjadi model perdagangan elektronik yang paling banyak digunakan
di Indonesia. Idealnya, e-marketplace mampu menawarkan proposisi nilai yang
menarik bagi pembeli maupun penjual. Namun, kontras dengan nilai strategisnya
sebagai sumber pertumbuhan bisnis dan sumber pemasukan utama e-marketplace,
penjual sebagai konsumen e-marketplace kurang mendapat perhatian dari
pengelola e-marketplace maupun dari dunia akademis, Mengisi celah tersebut,
fokus utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi segmen penjual seperti
apa saja yang beroperasi pada e-marketplace.
Dalam upaya mengidentifikasi segmen yang terbentuk, alur penelitian yang
dilakukan adalah: studi pendahuluan, pemahaman sistem dan identifikasi masalah,
perumusan masalah, penentuan tujuan dan batasan penelitian. Selanjutnya
dilakukan perumusan model yang didasarkan atas model acuan yang ditetapkan.
Model segmentasi yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model
Konus dkk.. (2008) yang melakukan segmentasi dengan analisis kelas laten pembeli
daring pada berbagai saluran, dengan modifikasi pada simplifikasi tahapan
keputusan, perubahan cara perhitungan utilitas dengan mempertimbangkan
prioritas sumber daya, dan perubahan dimensi manfaat dan biaya yang
mendasarinya. Untuk mengidentifikasi dimensi-dimensi manfaat dan biaya yang
membentuk nilai penjual, dilakukan pengembangan-pengembangan konstruk.
Setelah model penelitian dirumuskan, dilakukan pengumpulan dan pengolahan data
yang dilanjutkan dengan pengujuan dan analisis terhadap hasil studi.
Hasil analisis segmentasi dengan menggunakan model segmentasi yang
menyertakan enam manfaat dan tiga pengorbanan yang dianalisis dalam model
menunjukkan terdapat empat segmen yang terbentuk, yaitu uninvolved seller yang
tidak terikat dan tidak memanfaatkan e-marketplace untuk kepentingan usaha,
prompt-benefit seeker yaitu penjual yang mempertimbangkan manfaat dan
pengorbanan yang langsung dirasakan, opportunist yaitu penjual yang mencari
keuntungan terbesar yang saat ini ada pada e-marketplace serta perceptive seller
yang memiliki pandangan lebih luas dan jangka panjang