digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di era ekonomi disruptif saat ini, electronic marketplace (e-marketplace) berkembang menjadi model perdagangan elektronik yang paling banyak digunakan di Indonesia. Idealnya, e-marketplace mampu menawarkan proposisi nilai yang menarik bagi pembeli maupun penjual. Namun, kontras dengan nilai strategisnya sebagai sumber pertumbuhan bisnis dan sumber pemasukan utama e-marketplace, penjual sebagai konsumen e-marketplace kurang mendapat perhatian dari pengelola e-marketplace maupun dari dunia akademis, Mengisi celah tersebut, fokus utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi segmen penjual seperti apa saja yang beroperasi pada e-marketplace. Dalam upaya mengidentifikasi segmen yang terbentuk, alur penelitian yang dilakukan adalah: studi pendahuluan, pemahaman sistem dan identifikasi masalah, perumusan masalah, penentuan tujuan dan batasan penelitian. Selanjutnya dilakukan perumusan model yang didasarkan atas model acuan yang ditetapkan. Model segmentasi yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Konus dkk.. (2008) yang melakukan segmentasi dengan analisis kelas laten pembeli daring pada berbagai saluran, dengan modifikasi pada simplifikasi tahapan keputusan, perubahan cara perhitungan utilitas dengan mempertimbangkan prioritas sumber daya, dan perubahan dimensi manfaat dan biaya yang mendasarinya. Untuk mengidentifikasi dimensi-dimensi manfaat dan biaya yang membentuk nilai penjual, dilakukan pengembangan-pengembangan konstruk. Setelah model penelitian dirumuskan, dilakukan pengumpulan dan pengolahan data yang dilanjutkan dengan pengujuan dan analisis terhadap hasil studi. Hasil analisis segmentasi dengan menggunakan model segmentasi yang menyertakan enam manfaat dan tiga pengorbanan yang dianalisis dalam model menunjukkan terdapat empat segmen yang terbentuk, yaitu uninvolved seller yang tidak terikat dan tidak memanfaatkan e-marketplace untuk kepentingan usaha, prompt-benefit seeker yaitu penjual yang mempertimbangkan manfaat dan pengorbanan yang langsung dirasakan, opportunist yaitu penjual yang mencari keuntungan terbesar yang saat ini ada pada e-marketplace serta perceptive seller yang memiliki pandangan lebih luas dan jangka panjang