digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Analisis awal perlu dilakukan pada desain awal dari Kereta Kapsul. Metode Elemen Hingga digunakan dalam melakukan analisis karena akurasi dan kemudahannya. Elemen shell digunakan untuk memodelkan komponen yang terbuat dari pelat untuk mengurangi beban komputasi. Tugas sarjana ini bertujuan untuk menganalisis tegangan struktur bagian atas Kereta Kapsul berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 175 tahun 2015 dan standar American Society of Civil Engineers 21.2 2008 dan melakukan modifikasi geometri untuk mendapatkan desain yang optimum. Analisis diawali dengan pemodelan geometri dan material dan dilanjutkan dengan pemberian kondisi batas sesuai dengan standar yang digunakan. Proses meshing dilakukan dengan jenis elemen quadrilateral orde pertama dengan ukuran 10 mm pada Base Frame dan 15 mm pada Body Frame. Langkah selanjutnya adalah uji konvergensi dan validasi. Model yang telah konvergen dan valid akan dianalisis dan dimodifikasi jika terdapat kegagalan struktur. Terjadi kegagalan pada Base Frame pada kasus pembebanan kompresi sesuai PM 175 2015 dan pada kasus terburuk ASCE 21.2 2008. Telah dilakukan modifikasi geometri Base Frame sebanyak lima iterasi yang menghasilkan model terakhir dengan massa 1103 kg dengan safety factor minimum sebesar 2,7 pada pembebanan kasus terburuk dan 2,3 pada pembebanan kompresi.