digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pemanfaatan LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) sebagai layanan e-government yang disediakan untuk menampung aspirasi dan keluhan rakyat saat ini belum maksimal. Hal ini antara lain disebabkan oleh aplikasi LAPOR! yang belum efektif dan memiliki usability yang rendah. Untuk menyediakan layanan yang efektif, LAPOR! harus dapat menjawab kebutuhan penggunanya, yaitu masyarakat. Oleh karena itu, proses pengembangan dalam perbaikan LAPOR! harus berorientasi pada pengguna agar kebutuhan dan masalah pengguna dapat ditangkap dengan tepat. Pendekatan user-centered design (UCD) merupakan pendekatan yang tepat untuk diterapkan. Penerapan pendekatan ini akan berdampak pada peningkatan usability dari rancangan interaksi aplikasi. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengembangkan rancangan interaksi situs web LAPOR! yang sesuai dengan perilaku, kebutuhan, dan tujuan pengguna sehingga usability dari situs web layanan ini pun meningkat. Untuk itu, proses perancangan interaksi dilakukan dengan pendekatan UCD yang melibatkan pengguna dalam tahap-tahap perancangannya. Tahap-tahap tersebut meliputi evaluasi aplikasi saat ini, riset pengguna, pemodelan pengguna, analisis kebutuhan rancangan, perancangan prototipe, implementasi prototipe, dan pengujian iteratif. Berdasarkan studi, ditemukan bahwa pengguna LAPOR! membutuhkan aplikasi yang mudah digunakan. Untuk itu, rancangan interaksi dibuat dengan mengikuti konsep media sosial sederhana yang sudah familiar bagi pengguna. Simplifikasi alur pelaporan juga diterapkan untuk semakin memudahkan pengguna. Selain mudah, aplikasi juga harus dapat membangun kepercayaan pengguna untuk mau menggunakannya. Untuk menjawab masalah ini, aplikasi menyediakan statistik serta informasi yang jelas mengenai alur, status, dan durasi pemrosesan laporan pengguna. Solusi rancangan interaksi ini diimplementasikan menjadi prototipe yang telah diujikan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa rancangan interaksi yang dibuat sudah baik. Hal ini dibuktikan dengan tingkat keberhasilan penyelesaian task yang tinggi, usability goal yang sudah tercapai, dan nilai usability yang jauh meningkat jika dibandingkan dengan nilai usability awal.