digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dengan besarnya jumlah umat Muslim di Indonesia yang juga merupakan mayoritas di negara ini, tingkat permintaan pasar terhadap produk halal sangat tinggi. Kondisi ini menyebabkan kemungkinan di mana umat non-Muslims dihadapkan dengan pilihan yang tidak banyak selain produk halal. Studi ini bertujuan untuk mencari faktor yang mempengaruhi perilaku nonMuslims dalam membeli produk halal di Indonesia dan untuk mencari tahu perbedaannya dari sudut pandang umat Muslim mengenai perilaku dalam membeli produk halal di Indonesia yang telah ditemukan di studi sebelumnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, studi ini menggunakan Theory of Planned Behavior sebagai landasan teori utama. Hasil dari studi ini menemukan bahwa subjective norm tidak mempunyai pengaruh langsung dalam memengaruhi intenti umat non-Muslim di Indonesia untuk membeli produk halal. Bersamaan dengan itu, disimpulkan bahwa karena faktor yang memengaruhi perilaku membeli produk halal di Indonesia antara nonMuslim dan Muslims berbeda, maka metode untuk melakukan pendekatan terhadap dua pasar yang berbeda tersebut akan berbeda.