digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2017 TS PP FREDDY SUTANTO 1-ABSTRAK.pdf
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Industri pencahayaan terus berevolusi. Proses evolusi ini bahkan semakin cepat sejak Light Emitting Diode (LED) ditemukan dan dikembangkan. LED sebagai salah satu teknologi paling akhir diindustri pencahayaan telah mengevolusi permintaan akan pencahayaan dengan karakteristiknya yang efisien dan tahan lama. Di sisi lain, permintaan pasar akan industri pencahayaan akan berpotensi menjadi semakin terbatas jika industri pencahayaan hanya menawarkan solusi dari pencahayaan dasar. Untuk tetap tumbuh dan berkembang, industri ini harus melihat perspektif dari sudut pandang lain. Di era baru yang berdasarkan people-connectivitysaat ini, industri pencahayaan harus dilihat menggunakan Teori 12C Elemen dari New Wave Marketing sebagai ide marketing yang strategis yang dipelopori dan dikembangkan oleh MarkPlus, Inc. Analisa dan pernyataan-pernyataan akan dikutip dari interview bersama praktisi yang berpengalaman dibidang industri pencahayaan dan didukung oleh beberapa data publik. Sebagai kesimpulan, berdasarkan sudut pandang New Wave Marketing, melakukan analisa dalam customer insight, product value, dan brand communicationakan memperkaya dan menjawab kunci masalah dalam industri pencahayaan dengan holistik.