Industri akomodasi dan jasa makanan di Padang, Sumatera Barat harus mengalami penurunan yang tajam, sehingga membuat Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mencapai level terendah di kurun lima tahun terakhir. Angka-angka ini juga sesuai dengan penurunan jumlah restoran di Padang, meskipun pertumbuhan agresif terlihat di kurun lima tahun terakhir. Agar tetap kompetitif, diyakini bahwa kemampuan pemasaran yang baru dan progresif merupakan prasyarat untuk memenuhi perubahan yang dinamis terhadap perilaku pelanggan. Lighthouse Cafe & Community Compound mulai beroperasi secara komersial pada 31 Juli 2021. Mengingat keindahan alam perbukitan dan pemandangan laut di tempat tersebut, usaha ini memiliki tujuan untuk menjadi salah satu ikon dan magnet pariwisata di Padang, sehingga mampu mendukung kebangkitan industri jasa makanan serta membuka kegiatan pariwisata yang belum dimanfaatkan secara optimum di Padang. Diyakini bahwa pemilik bisnis perlu segera mengembangkan model bisnisnya, terlebih banyaknya pesaing yang tampaknya akan melakukan penyesuaian. Peneliti mengidentifikasi tiga tantangan yang kini dihadapi: model bisnis yang kurang memadai, proporsi nilai manfaaat produk atau layanan yang kurang jelas, serta komunikasi pemasaran yang kurang memadai. Studi ini dilakukan dengan menggunakan elemen dari New Wave Marketing sebagai dasar untuk memformulasikan Business Model Canvas baru dan inisiatif media digital untuk memastikan ketahanan dan pertumbuhan jangka panjang untuk usaha tersebut. Hasil penelitian menyarankan perusahaan untuk menjalankan beberapa inovasi dan peningkatan layanan pada model bisnisnya, yang terutama berfokus pada pengembangan komunitas dan digitalisasi untuk mendukung ketahanan dan pertumbuhan perusahaan di jangka panjang.