digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Manajemen produk bagi perusahaan-perusahaan penyedia layanan telekomunikasi menjadi sangat penting. Dengan perubahan teknologi informasi dan telekomunikasi yang berkembang sangat cepat,perusahaan juga harus memiliki strategi dalam mengembangkan produk yang matang untuk dapat mengikuti perkembangan industri layanan data. Selain itu pula, perumusan strategi diperlukan agar pembentukan proses bisnis tepat bagi tujuan perusahaan.Pemilihan teknologi yang menghasilkan produk-produk untuk menjaga kelangsungan hidup bisnis perusahaan amatlah penting, ditambah dengan kondisi persaingan industri layanan data yang semakin ketat, perlu diciptakan produk yang memiliki nilai kompetitif dan up to date terhadap permintaan pasar. Strategi dalam menentukan teknologi dimulai dengan pemilihan kriteria-kriteria yang amat penting dalam unsur teknologi dan bisnis perusahaan. Saat ini PT Bakrie Telecom Tbk.hanya memiliki teknologi layanan data CDMA 2000 1X yang saat ini sudah mature. Untuk itu perlu dilakukan pemilihan teknologi yang memiliki nilai ekonomi yang dapat menunjang pengembangan produk sesuai dengan strategi perusahaan dalam persaingan di industri layanan data.Kajian ini menggunakan motode ANP (Analytic Network Process) sebagai alat bantu menentukan parameter yang bisa dijadikan acuan dalam memilih teknologi pada PT Bakrie Telecom Tbk.Dengan menggunakan metode ANP akhirnya akan menghasilkan suatu hasil yang dapat dianalisa untuk menentukan teknologi handal yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan PT Bakrie Telecom Tbk.Teknologi layanan data yang dihasilkan oleh metode ANP, menghasilkan keputusan teknologi EVDO 1X Rev A sebagai pilihan pertama dan sebagai pilihan alternatifnya adalah teknologi WiMAX. Dengan pendekatan studi kasus, maka kajian ini menunjukkan model yang tepat bagi PT Bakrie Telecom Tbk. yang yang dapatmeningkatkan market share portofolio produk.