digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Internet dan media online telah menjadi suatu paradigma baru, hal ini bisa terliaht dari pertumbuhan pemakaian internet di Indonesia, dimana pemakaian internet bahkan telah melampaui media cetak dan radio. Hal ini juga ditunang oleh pertumbuhan ponsel pintar yang menawarkan harga yg lebih terjangkau. Situasi ini mengindikasikan bahwa internet telah menjadi potensi pasar yang potensial di Indonesia. Walaupun perkembangan internet sedemikian pesat, Yahoo! Indonesia menghadapi tantangan dalam hal iklan online terutama ke beberap industri yg masih awam dengan iklan internet. Saat ini, Yahoo! Indonesia memang cukup sukses dalam menawarkan spot iklan ke beberap sector industri, terutama ke industri-industri yang sudah paham dengan iklan internet dan juga ke beberapa sector industri yang mempunyai target pasar yang sesuai dengan karakter pembaca di beberapa situs Yahoo! Indonesia. Yahoo! Indonesia menyadari bahwa saat ini masih sangat tergantung ke beberap sektor industri saja dan perlu suatu terobosan untuk ekspansi ke beberap sektor industri lain. Tahun 2012 ini, Yahoo! Indonesia meluncurkan 2 produk baru yang telah menjadi produk local yaitu Yahoo! ID She dan Yahoo! ID Sports. Diharapkan dengan adanya 2 produk ini, Yahoo! Indonesia dapat merambah ke beberap sekotal ini serta meningkatkan pendapatan dari beberap industri yang sudah loyal terhadap Yahoo! Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah mengidentifikasi beberapa kunci sukses sebuah situs untuk menambah jumlah pengunjung dan meningkatkan junlah pemasang iklan. Situs yang semakin baik akan membuat jumlah pengunjung bertambah, dengan demikian akan memudahkan Yahoo! Indonesia untuk menawarkan para pemasang iklan untuk memasang iklan di situs-situs tersebut.