digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK PT DAK (Dok Air Kantung) merupakan perusahaan anak dari PT Timah (Persero) Tbk yang berdiri pada tahun 1996, yang bergerak pada bidang jasa perbaikan dan pembangunan kapal. Pada awal mulanya PT DAK merupakan cost center yang melayani pekerjaan internal PT Timah, selanjutnya dirubah menjadi profit center dengan melakukan penerimaaan pesanan pekerjaan dari eksternal PT Timah. Kondisi saat ini, pesanan dari pihak eksternal menempati porsi yang sangat sedikit yaitu sekitar 20% saja. Sedangkan untuk pesanan internal cukup besar yaitu sekitar 80%. Kondisi diatas disebabkan karena kualitas jasa pekerjaan kapal yang dihasilkan kurang dari harapan pelanggan, sehingga banyak pelanggan yang pindah kepada galangan lain. Melihat peluang pasar kapal yang beroperasi di Indonesia sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia nomor 5 tahun 2005 yang mengharuskan kapal pengangkut barang di perairan Indonesia harus berbendera merah putih maka perusahaan harus segera melakukan perubahan dengan memperbaiki kinerja perusahaan dengan memperbaiki kualitas pekerjaan. Perubahan kinerja perusahaan dimulai dengan melakukan analisis kondisi eksternal perusahaan menggunakan tools analisis PEST, Porter’s Five Forces dan Analisis SWOT khususnya Peluang & Ancaman. Dilanjutkan dengan melakukan analisis internal perusahaan dengan menggunakan tools resources capabilities, value chain dan analisis SWOT khususnya Kekuatan & Kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan analisis tersebut maka dapat ditemukan akar permasalahan yang terjadi dan faktor kunci sukses yang harus dipenuhi perusahaan untuk mendukung langkah strategi bisnis yang akan digunakan. Hal ini sangat penting agar tidak salah dalam menentukan solusi bisnis yang terbaik. Setelah semua analisa didapatkan, maka segera dilakukan solusi bisnis yang paling sesuai dengan kondisi internal dan eksternal perusahaan dengan menggunakan tools Matrik TOWS dan KANVAS model bisnis. Solusi bisnis ini menentukan strategi bisnis yang harus dipilih dengan menggunakan cost leadership dengan pertimbangan bahwa PT DAK sudah cukup berpengalaman dalam bidang galangan kapal dan dukungan financial yang bagus dari pemilik saham. Untuk itu implementasi strategi bisnisnya dengan cara melakukan rekruitmen tenaga kerja pemasaran, perencana produksi, dan control kualitas. Untuk mendukung kualitas jasa yang didapatkan maka semua personel diberikan pelatihan kompetensi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Kata Kunci: Galangan Kapal, PT DAK, Kanvas Model Bisnis, Sumber Daya Manusia.