digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Persaingan bisnis di dunia telekomunikasi yang sangat ketat menuntut perusahaan-perusahaan penyedia jasa layanan telekomunikasi untuk meningkatkan layanan mereka dengan mengedepankan efisiensi waktu pelayanan melalui simplifikasi proses bisnis. Namun di sisi lain, infrastruktur teknologi informasi yang menopang perusahaan tersebut tidak cukup fleksibel untuk mengantisipasi perubahan proses bisnis yang terjadi. Disamping itu, pemborosan biaya untuk pemenuhan teknologi pendukung sangat mungkin terjadi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan suatu metode atau model arsitektur yang lebih aktif (agile) dan fleksibel serta mampu mengikuti dinamika pasar. Service-Oriented Architecture (SOA) adalah salah satu solusi yang mampu menjawab permasalahan ini. Penulisan tesis ini bertujuan untuk memahami konsep dan karakteristik SOA serta pengimplementasiannya di perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (PT. TELKOM) dengan mengambil kasus pada proses bisnis pemasangan sambungan baru (PSB) telepon fixed yang meliputi proses registrasi pelanggan, proses pengajuan work order (WO) dan proses penyelesaian WO. Tahap awal penelitian adalah dengan melakukan analisis service-oriented untuk menentukan kandidat service di lapisan aplikasi, bisnis dan lapisan orkestrasi. Kemudian dilanjutkan dengan tahap perancangan service-oriented dengan menggunakan standar inti SOA (XML, SOAP dan WSDL), serta perancangan proses bisnis di lapisan orkestrasi dengan menggunakan bahasa Business Process Execution Language (BPEL). Hasil rancangan tersebut kemudian diwujudkan melalui pembangunan sebuah web service dengan menggunakan framework .NET. Penelitian yang dilakukan menghasilkan arsitektur SOA yang loosely couple dengan serangkaian service yang reusable dan pengimplementasian web service yang memungkinkan komunikasi walaupun berbeda platform (platform independency).