digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Transformasi bisnis dari sekedar komunikasi voice menjadi multimedia (Suara, Data dan Gambar) merupakan suatu yang tidak terelakan di Industri telekomunikasi saat ini. Telkom mengembangkan layanan IPTV (Internet Protocol Television) sebagai salah satu upaya untuk merevitalisasi bisnis telepon kabelnya di tengah perubahan lanskap industri telekomunikasi. Layanan IPTV ini memanfaatkan jaringan yang sudah ada yakni jaringan telepon kabel tetap (Fixed Wireline). Pada teknologi ini, satu kabel bisa dimanfaatkan untuk berbagai layanan pengiriman data, termasuk suara dan video. Semenjak dikomersialisasikan pada awal tahun 2012 terjadi penurunan performansi sales sebesar 37% pada akhir Triwulan 1 dan terus menurun pada bulan berikutnya, sehingga diperlukan langkah strategis untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Mengacu pada isu bisnis yang terjadi serta tantangan persaingan bisnis telekomunikasi kedepan, Telkom berupaya mengembangkan New Wave Business melalui Layanan Telkom IPTV sebagai usaha menjadikannya sebagai new revenue generator menggantikan bisnis Fixed Phone yang sudah memasuki tahapan maturity. Eksplorasi isu bisnis bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang serta tantangan yang terjadi pada layanan Telkom IPTV di kota Bandung, sehingga akar masalah dapat teridentifikasi. Langkah-langkah yang dilakukan dalam proses analisis adalah Pengumpulan data sekunder, Analisis eksplorasi isu bisnis, Riset pasar kepada pelanggan existing Telkom Bandung, Usulan strategi pemasaran komunikasi layanan Telkom IPTV dan Implementasi. Berdasarkan analisa akar masalah, kegiatan pemasaran layanan Telkom IPTV yang dilakukan dalam rangka penetrasi pasar dinilai tidak komprehensif dan tepat sasaran sehingga diperlukan rancangan strategi pemasaran untuk dapat mensolusikan akar permasalahan yang terjadi. Solusi bisnis yang diajukan meliputi penerapan bauran pemasaran dengan penekanan pada upaya pemerekan menggunakan komunikasi pemasaran terpadu. Hal tersebut terdiri dari Peningkatan awareness layanan kepada pasar secara terintegrasi menyasar langsung kepada target pasar, Komunikasi pemasaran menekankan pada diferensiasi layanan yang dimiliki Telkom IPTV, Pemanfaatan Customer Base Existing sebagai target pasar serta Penetrasi pasar dengan konsep strategi bundling triple play mengabungkan layanan Voice (Telepon), Data (Intenet) dan Gambar (TV). Dengan penerapan solusi bisnis tersebut Telkom IPTV diyakni dapat menyelesaikan permasalahan bisnis yang ada.