digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dalam dunia penerbangan saat ini persaingan antar airline global semakin ketat. PT. Garuda Indonesia sebagai satu-satunya flag carrier di Indonesia, saat ini sedang melakukan Quantum Leap untuk terus meningkatkan kinerjanya. Dan dari segi jaringan rute yang sudah dimiliki pun harus terus dievaluasi dan ditingkatkan, termasuk diantaranya kerjasama-kerjasama dengan berbagai airline asing di seluruh belahan dunia. Kerjasama ini sangat penting, mengingat Garuda berusaha memperluas jaringan yang lebih luas dan meraih market yang lebih besar lagi. Codeshare sebagai salah satu produk kerjasama interline telah Garuda lakukan dengan berbagai airline partner dan sudah berjalan. Namun sampai saat ini belum ada metode evaluasi yang akurat dan memberi umpan balik yang berarti baik secara perhitungan maupun kualitatif. Melalui karya tulis penelitian tugas akhir ini, penulis akan membahas secara khusus penentuan metoda tahap awal perhitungan profit atau disebut profitability tersebut, dengan batasan bahwa Garuda Indonesia sebagai marketing carrier.