Indonesia memiliki potensi yang sangat besar bagi bisnis ritel. Dengan jumlah penduduk keempat terbesar di dunia setelah Cina, Amerika dan India, sehingga menimbulkan banyak riteler asing masuk ke dunia bisnis ritel di Indonesia. Ritel asing masuk ke negara kita dengan
memperkenalkan berbagai konsep baru dalam riteling dan shopping, antara lain one-stop shopping, progresive pricing and promotion, modern merchandising sampai private label. Private label adalah konsep strategi yang dilakukan oleh ritel dengan memproduksi suatu barang
dengan menggunakan brand name dari ritel dan hanya dijual di jaringan ritel tersebut. Private label merupakan strategi bisnis ritel yang akan menjadi suatu kekuatan yang efektif dalam meningkatkan nilai profitabilitas bagi perusahaan Yogya merupakan perusahaan keluarga dan menjadi perusahaan ritel lokal yang berkembang cukup pesat. Pada tahun 2008 market share supermarket Yogya berada pada tingkat sembilan. Dalam menghadapi persaingan bisnis ritel yang semakin ketat, Supermarket Yogya telah mengembangkan produk private label pada tahun 2007, tetapi kontribusi produk tersebut sangat kecil terhadap pendapatan keseluruhan supermarket. Hal ini terjadi karena dua factor, yaitu
rendahnya tingkat awarenesskonsumen terhadap produk dan tidak sesuainya harapan konsumen terhadap produk private label private label yang ada. Dalam upaya peningkatan awareness dan pemenuhan harapan konsumen maka perlu dilihat faktor internal dan eksternal perusahaan sehingga akan diperoleh strategi pengembangan produk private label di Supermarket Yogya. Kepuasaan konsumen, store image dan loyalitas konsumen merupakan faktor pendukung utama dalam pengembangan produk private label di Supermarket Yogya. Dengan tingginya tingkatan ketiga parameter tersebut maka telah terbentuk konsumen yang potensial dalam penerimaan produk private label. Evaluasi produk private label yang telah ada oleh konsumen yang potensial dilakukan untuk memenuhi harapan konsumen dalam pengembangan produk. Berdasarkan hasil analisa, rencana implementasi dalam rangka meningkatkan tingkat awareness konsumen terhadap produk private label maka perlu dilakukan strategi Retail Mix dan re-design
kemasan yang lebih komunikatif dan menarik.