Penelitian ini bertujuan untuk mencari parameter yang optimum yakni koefisien daya terhadap tip speed ratio λ, sudut pitch δ dan sudut twist ψ yang juga merupakan parameter optimum untuk mendesain turbin helik jenis cross flow. Parameter-parameter tersebut didapat dari hasil pengujian yang diperluas melalui simulasi numerik.
Pada pengujian yang dilakukan menggunakan dua parameter fisik yakni sudut twist 60 o dan 120 o atau sudut pitch 72,56 o dan 57,8 o, sedangkan ketinggian dan diameter turbin adalah 0,3 m dan 0,18 m.
Hasil pengujian untuk sudut twist 60 o dengan koefisien dayanya 10,1% sedangkan untuk sudut twist 120 o koefisien dayanya adalah 9,9%. Hasil perhitungan simulasi numerik, koefisien dayanya adalah 27,5% untuk sudut twist 60 o dan 31% untuk sudut twist 120 o.
Data koefisien daya dari hasil pengujian dan simulasi numerik menunjukan angka yang berbeda dikarenakan pada simulasi numerik tidak memperhitungkan kerugian gesek mekanik dan kerugian lainnya, akan tetapi grafik koefisien daya terhadap tip speed ratio pada pengujian dan simulasi numerik menunjukkan kecenderungan yang sedikit berbeda. Sehingga simulasi numerik digunakan untuk perluasan penelitian dan menghasilkan koefisien daya optimum sebesar 33% didapat pada sudut twist 100 o atau sudut pitch 62,36 o.
Simulasi numerik menggunakan model κ-έ dan dilakukan pada keadaan stedi dan transien. Kedua keadaan menunjukkan hasil yang sama pada kurva torsi total terhadap azimuth sedangkan pada keadaan stedi kurva torsi menunjukkan ketidak seragaman disetiap blade dikarena posisi azimut yang berbeda, hal ini tidak terlihat pada simulasi transien saat waktu simulasi telah mencapai keadaan stedinya.