digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Fractional Aircraft Ownership (FAO) atau Fractional Jets atau Time-Share Jet Aircraft, adalah suatu jenis skema kepemilikan pesawat dimana biaya akuisisi pesawat dibagi bersama oleh beberapa pemilik,dan penggunaan atau utilisasi pesawat didasarkan pada share atau saham yang dibeli. Dalam pelaksanaan operasi penerbangan berskema FAO, Fractional Management Company (FMC) dapat mengutilisasikan pesawat utama, pesawat cadangan, atau opsi charter untuk melayani pemilik, bergantung pada ketersediaan pesawat. Tugas Akhir ini merupakan usaha untuk mengetahui tingkat utilisasi pesawat dengan berbagai pengaturan jumlah owner dan share size yang dimiliki. Studi dilakukan dengan pemodelan berupa simulasi menggunakan software Goldsim ®, dengan daerah tujuan berupa bandara – bandara utama di Indonesia. Iterasi simulasi dilakukan dengan dasar metode Monte Carlo untuk memprediksikan variasi permintaan owner. Hasil yang diperoleh dari tugas akhir ini menunjukkan bahwa share size yang semakin besar akan menaikkan utilisasi. Namun pertambahan owner akan menurunkan utilisasi karena penurunan share size maksimum tiap owner, dan diperlukan unsur preferensi dan data lapangan untuk meningkatkan tingkat keakurasian simulasi.