digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tema penelitian tentang sistem penyerap energi tabrakan pada mobil meningkat akhir-akhir ini. Mobil dilengkapi dengan sistem penyerap energi tabrakan dari arah depan untuk melindungi kabin penumpang selama mengalami tabrakan dari arah depan. Sistem ini akan menyerap energi tabrakan melalui proses deformasi yang disebut progressive buckling. Dengan proses deformasi ini, kerusakan pada kabin penumpang dapat dikurangi dan kemungkinan tercederainya penumpang dapat diperkecil serta perlambatan (inersia) yang dirasakan oleh penumpang tetap dalam batas aman. Pada penelitian ini, kolom silinder berdinding tipis dikenai oleh pembebanan tabrak dari arah aksial. Kondisi tersebut dianalogikan sabagai crash-box yang mengalami tabrakan dari arah depan. Tugas akhir ini akan fokus dalam mengevaluasi efek dari kecepatan tabrak terhadap kenaikan nilai penghancur rata rata dari suatu kolom dan modus deformasinya. Perangkat lunak berbasis metoda elemen hingga eksplisit non-linear, LS-DYNA, digunakan untk memprediksi responses dari kolom ketika dikenai pembebanan tabrak secara aksial. Peningkatan gaya penghancur rata-rata berkisar antara 5-10% dan 9-12% berdasarkan hasil numerik dan eksperimen, secara berurutan, jika kecepatan tabrak dinaikkan dari 6 menjadi 12 m/s.