digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Tomy Kusbianto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Tomy Kusbianto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Tomy Kusbianto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Tomy Kusbianto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Tomy Kusbianto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Tomy Kusbianto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

TechnipFMC dengan entitas lokal PT. FMC Santana Petroleum Indonesia adalah perusahaan nasional dengan bisnis inti manufaktur dan jasa Wellhead dan Christmas Tree untuk perusahaan Minyak dan Gas Indonesia. Dibangun dan didirikan pada tahun 1984 berlokasi di Cakung - Jakarta Utara dengan luas pabrik 10.000 m2. TechnipFMC adalah perusahaan global dengan kantor korporasi perusahaan di Houston USA dan memiliki kantor regional di Singapura. TechnipFMC di Indonesia memiliki 2 kantor di Jakarta sebagai Pabrik barang dan jasa dan di Balikpapan sebagai cabang untuk pelayanan jasa. Pabrik di Jakarta memiliki kemampuan manufaktur penuh untuk memproduksi Wellhead dan Christmas Tree untuk mendukung perusahaan minyak dan gas, memiliki fasilitas pelatihan yang lengkap untuk karyawan dan pelanggan. TechnipFMC menyediakan produk dan jasa untuk proses hulu di bisnis minyak dan gas. Penelitian ini berfokus pada salah satu sumber energi terbarukan yang signifikan di Indonesia adalah tenaga panas bumi. Akibat geologi vulkaniknya, dilaporkan bahwa Indonesia memiliki 40% potensi sumber daya panas bumi dunia. Menurut Jaringan Kebijakan Energi Terbarukan, Indonesia memiliki kapasitas pembangkit terpasang terbesar ketiga di dunia di sektor panas bumi. Potensi Indonesia untuk menghasilkan energi dari panas bumi dapat mengatasi masalah kelistrikan dan berpotensi meningkatkan ekonomi. Pemerintah Indonesia telah mengidentifikasi lebih dari 300 lokasi dengan perkiraan cadangan energi panas bumi sebesar 24 GW di seluruh pulau termasuk Jawa, Sumatera, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Maluku. Untuk menentukan strategi bisnis, kerangka kerja VRIO dan kemampuan perusahaan dari analisis internal untuk mengidentifikasi tingkat keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Kerangka PESTLE dan Porter’s 5 Forces digunakan untuk menganalisis pengaruh faktor eksternal terhadap lingkungan bisnis. Menggunakan Diamond Model untuk merumuskan wawasan baru yang sesuai dengan strategi fungsionalnya. Ada beberapa faktor internal yang mempengaruhi daya saing TechnipFMC di pasar. Selain TechnipFMC merupakan merek global yang terkenal tetapi memiliki harga yang mahal, waktu pengiriman yang lama dan syarat dan ketentuan hukum yang ketat dapat membahayakan TechnipFMC untuk bersaing di pasar panas bumi. TechnipFMC memiliki keunggulan kompetitif yaitu memiliki izin sendiri untuk mengekspor dan mengimpor peralatan minyak dan gas. Paten dan kekayaan intelektual sebagai produsen untuk wellhead dan christmas tree dari awal proses dan selama siklus produksi di lapangan dan dibandingkan dengan status perusahaan agen yang tidak memiliki proses menyeluruh. Secara eksternal, TechnipFMC terkenal karena harganya yang mahal, syarat dan ketentuan hukum yang ketat, waktu pengiriman yang lama, dan pertama kali dalam industri panas bumi. Oleh karena itu, TechnipFMC perlu menerapkan sertifikasi dan lisensi untuk memasuki pasar seperti API 6D untuk pembuatan master valve dengan expandable gate yang dapat diperluas untuk aplikasi Geothermal sehingga TechnipFMC dapat bersaing dengan lebih baik dan siap memposisikan diri untuk bersaing di perusahaan Panas Bumi lokal dan internasional. Mengacu pada analisis internal dan eksternal di atas, formulasi strategi bisnis dibuat dengan menggunakan strategi TOWS matrix, STP dan Diamond Strategy untuk meningkatkan strategi di pasar Geothermal seperti bersaing melalui tender. Mengajukan permohonan lisensi API 6D, kerjasama dengan pemasok untuk lead time yang lebih pendek dan harga bahan baku yang lebih murah, memanfaatkan penasihat hukum lokal dan mendorong sales and marketing untuk secara aktif melakukan kunjungan ke perusahaan Panas Bumi untuk mendapatkan informasi yang kuat mengenai perkiraan eksplorasi dan eksploitasi pengeboran mereka sehingga akan bermanfaat bagi strategi ke depan TechnipFMC dalam hal perencanaan dan perkiraan. Rencana implementasi dibuat untuk memenuhi strategi bisnis menuju bersaing di pasar tenaga panas bumi.