digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

1998 TS PP BINA MIGUNA 1-COVER.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Vika Anastasya Kovariansi

1998 TS PP BINA MIGUNA 1-BAB 1.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Vika Anastasya Kovariansi

1998 TS PP BINA MIGUNA 1-BAB 2.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Vika Anastasya Kovariansi

1998 TS PP BINA MIGUNA 1-BAB 3.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Vika Anastasya Kovariansi

1998 TS PP BINA MIGUNA 1-BAB 4.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Vika Anastasya Kovariansi

1998 TS PP BINA MIGUNA 1-BAB 5.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Vika Anastasya Kovariansi

1998 TS PP BINA MIGUNA 1-BAB 6.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Vika Anastasya Kovariansi

1998 TS PP BINA MIGUNA 1-PUSTAKA.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Vika Anastasya Kovariansi

Dengan semakin ketatnya persaingan dalam bidang pelayanan kesehatan, maka sangat diperlukan adanya sistem informasi manajemen yang dapat mengelola pasien, keuangan, pengelolaan instalasi penunjang, informasi dan promosi yang pada pada akhirnya seluruh informasi tersebut diperlukan oleh Agar pimpinan untuk mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Adanya perangkat keras dalam bentuk jaringan di RS. Imunaauel serta untuk meningkatkan pelayanan pada administrasi pasien pulang rawat dan mengurangi kerugian yang diderita oleh rumah sakit karena tidak tertagihnya beberapa biaya pelayanan selama pasien dirawat, maka diputuskan untuk merancang sistem informasi rumah sakit dalam kaitannya dengan administrasi keuangan yang pada saat implementasinya dapat online dan realtime. Dalam penyusunan sistem dan subsistem, dipergunakan pendekatan BSP ( Business System Planning ) yang menggunakan metoda Top-down Planning dan Bottom Up implementation. Pada perancangan ini dihasilkan diagram konteks, Data Flow Diagram, Spesifikasi Proses, Entity Relationship dan perancangan Database. Implementasi dari sistem ini menggunakan pendekatan serentak untuk pendaftaran pasien rawat inap dan pendekatan paralel yang dilanjutkan dengna pendekatan bertahap untuk bagian lainnya. Penilaian unjuk kerja dihasilkan dengan mempergunakan formulir unjuk kerja sistem informasi seperti terlihat di Lampiran C.