digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tulisan ini mempelajari apakah student equity (persamaan hak memperoleh pendidikan) sudah dipenuhi di Indonesia. Sebagai batasan, kesempatan memperoleh pendidikan dinilai berdasarkan persentase angka putus sekolah dari tahun pelajaran 2003/2004 sampai 2006/2007 yang diambil dari situs Dinas Pendidikan, masing-masing untuk 30 propinsi yang ada di Indonesia. Dalam tulisan ini, analisi Statistik yang digunakan lebih bersifat deskriptif, menggunakan diagram kotak titik (boxplot) untuk setiap tahun pelajaran. Mengingat Indonesia sangat luas, maka analisis di atas dibagi dua, Wilayah Indonesia Barat dan Timur. Selanjutnya untuk masing-masing wilayah dibuat diagram kotak titik untuk membagi wilayah tersebut menjadi 4 kelompok, yaitu sangat rendah, rendah, tinggi, dan sangat tinggi. Dari hasil di atas diketahui beberapa propinsi perlu perhatian khusus dari pemerintah.